Kompas TV nasional berita kompas tv

Wapres Ma`ruf Amin Minta Semua Pihak Bersiap Hadapi New Normal

Kompas.tv - 12 Juni 2020, 20:42 WIB
wapres-ma-ruf-amin-minta-semua-pihak-bersiap-hadapi-new-normal
Wapres Indonesia Maruf Amin. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Semua pihak diminta untuk bersiap menghadapi tatanan baru atau new normal.

Karena saat ini situasinya sudah memasuki masa transisi menuju new normal pasca-penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Buka Wacana Masuk Sekolah Bisa Dilakukan di Kawasan Zona Hijau

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dikutip dari siaran pers, Jumat (12/6/2020), seperti dilansir Kompas.com

"Oleh karena itu kita harus bersiap menghadapi ini dan saya kira tidak perlu untuk mempersoalkan tentang istilah, karena istilah itu menjadi istilah global, yang penting adalah bersiap diri menghadapi new normal ," ujar Ma'ruf dikutip dari siaran pers, Jumat (12/6/2020). 

Menurut Ma'ruf, supaya new normal nantinya bisa berjalan lancar, kerja sama yang baik dari seluruh pemangku kepentingan diperlukan, baik itu dari pemerintah, pelaku usaha, praktisi pendidikan, praktisi kesehatan, maupun masyarakat. 

Ma'ruf mengatakan, pada masa transisi ini pemerintah juga fokus pada dua hal, yaitu penanggulangan Covid-19 dan keterpurukan ekonomi. 

Ia menilai, saat ini bahaya keterpurukan ekonomi sudah mulai membesar sehingga perlu segera ditangani. 

Sebab, jika tidak, pemulihan krisis ekonomi akan lebih sulit.  

"Pemerintah akan terus mendorong program-program percepatan pemulihan dampak Covid-19, di antaranya dengan terus melakukan pelayanan kesehatan yang intensif serta mendorong stimulus untuk dunia usaha dalam upaya pemulihan ekonomi," kata dia. 

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Tanggapi Soal Pesantren Yang Kembali Dibuka

Oleh karena itu, agar program-program tersebut dapat dijalankan, ia meminta masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan pada masa new normal. 

Dalam melaksanakan new normal, protokol kesehatan menjadi kunci utama yang harus dijalankan dan dipatuhi. 

"Pemerintah sudah bertekad untuk berusaha, karena itu saya berharap semua masyarakat bisa menjaga diri dan patuh terhadap aturan-aturan itu," kata Ma`ruf.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.