Kompas TV bisnis kompas bisnis

Kookmin Bank Siap Jadi Pemegang Saham Pengendali Bank Bukopin

Kompas.tv - 12 Juni 2020, 12:10 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Grup lembaga keuangan terbesar di Korea Selatan, yaitu Kookmin Bank, siap menjadi pemegang saham pengendali Bank Bukopin. 

Kepemilikan Kookmin sekaligus bakal, menggusur dominasi Grup Bosowa, milik pengusaha Aksa Mahmud.

Semetara itu, Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) telah menerima informasi Bank asal Korea Selatan, KB Kookmin Bank akan menambah modal Bank Bukopin melalui Penawaran Umum Terbatas V (PUT V). 

OJK pun mendukung rencana tersebut dan segera memproses penyesuaian kepemilikan PT Bank Bukopin sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan. 

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan, kesepakatan Bank Bukopin dengan calon investor itu membuat KB Kookmin Bank menjadi pemegang saham pengendali Bank Bukopin. 

"Penguatan aspek permodalan dan likuiditas oleh pemegang saham dan,atau investor diperlukan agar Bank Bukopin dapat meningkatkan kesehatan bank dan menjaga kestabilan sistem keuangan," kata Anto dalam siaran pers, Senin (18,5,2020).

Sebagai informasi, KB Kookmin Bank akan menambah modal Bank Bukopin melalui Penawaran Umum Terbatas V (PUT V) yang rencananya bakal dilaksanakan pada akhir semester I 2020.
 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x