Kompas TV religi beranda islami

Ada Apa Di Dalam Ka'bah?

Kompas.tv - 11 Juni 2020, 20:29 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Adakah yang penasaran apa isi di dalam Ka'bah? Memang tidak semua beruntung bisa masuk ruangan berukuran sisi 11.03 x 12.62 meter berbentuk kubus ini.

Ruangan ini juga tidak sembarang orang dapat memasukinya, melainkan segelintir saja, seperti Raja Saudi Arabia, pembesar kerajaan dan beberapa kepala negara dunia undangan kerajaan Saudi, diantaranya ada Presiden RI Jokowi, Soeharto dan SBY mantan Presiden RI. Ruangan ini pun tidak selalu dibuka setiap saat.

Tak banyak yang dapat kita lihat dalam ruang Ka'bah, melainkan hanya ada tiga buah tiang kayu, sebuah pintu berukuran lebih kecil dari pintu utama berisikan tangga menuju atap Ka'bah serta sebuah lemari kecil setinggi lutut guna menyimpan wewangian.

Kesederhanaan ruang ini menurut pendapat sebagian ulama ada pula yang mengatakan ruang di dalam Ka'bah itu kosong. Kosong disini memiliki esensi makna illahiah yaitu untuk mengosongkan atau memurnikan pikiran dari hal-hal selain Allah azza wa jalla, karena dengan mengosongkan diri dari niat buruk, sombong, iri, dengki dan hal lain yang bersifat keduniawian maka kita akan lebih mudah menyelami esensi ilahiah ini.

 

Wallahu a'lam bishawab

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x