Kompas TV regional berita daerah

New Normal Candi Borobudur Siap Dibuka, Intip Simulasinya!

Kompas.tv - 11 Juni 2020, 17:26 WIB
Penulis : Reny Mardika

MAGELANG, KOMPAS.TV - Setelah hampir tiga bulan tutup karena pandemi corona, tidak lama lagi Candi Borobudur sudah bisa kembali dikunjungi wisatawan.

Namun suasananya akan sangat berbeda dengan sebelumnya.

Banyak protokol kesehatan yang harus ditaati pengunjung.

Ini terkait penerapan "new normal" yang akan mulai berlaku.

Sebelum masuk ke kawasan Candi Borobudur, wisatawan diwajibkan mengenakan masker, mencuci tangan, masuk ke bilik disinfektan, dan diukur suhu tubuhnya oleh tim medis.

Pengunjung yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat Celsius akan langsung dibawa tim kesehatan.

Jaga jarak juga diterapkan mulai dari pintu masuk hingga ke kawasan candi.

"Untuk menggunakan jarak ini kita atur dengan tata kelola. Mulai dari masuk ke kawasan, mulai dia masuk ke area parkir, proses pembelian tiket, proses masuk di taman, sampai dia berhenti disini untuk secara bertahap nanti diatur untuk masuk ke areal candi," Edi Setijono, Dirut Taman Wisata Candi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerahkan sepenuhnya persiapan pembukaan Candi Borobudur untuk wisata kepada pengelola dengan syarat menerapkan protokol kesehatan.

Selama masih dalam masa pandemi Covid-19 dan di masa "new normal" nantinya, jumlah wisatawan Candi Borobudur akan dibatasi.

Hanya sekitar 20 persen wisatawan boleh berada di dalam lokasi Borobudur dari jumlah pengunjung sebelum pandemi per hari.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x