Kompas TV regional berita daerah

Ribuan Warga Berkerumun Antre Bantuan Sembako Pemprov Sumatera Utara

Kompas.tv - 11 Juni 2020, 15:11 WIB
ribuan-warga-berkerumun-antre-bantuan-sembako-pemprov-sumatera-utara
Kerumunan warga memadati Lapangan Orurusa Kota Teluk Dalam, Nias Selatan (11/6/2020) menerima bantuan sembako Pemprov Sumatera Utara. (Sumber: KOMPASTV/HENDRIK YANTO HALAWA)
Penulis : Idham Saputra

NIAS SELATAN, KOMPAS.TV - Ribuan warga di Kota Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara mengabaikan jaga jarak fisik saat menerima bantuan sembako dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang didistribusikan oleh Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 di Lapangan Orurusa Kota Teluk Dalam, Kamis (11/6/2020).  

Selain berdesak-desakan, sejumlah warga juga tidak menggunakan masker. 

Pada distribusi tersebut dibantu juga oleh personel dari TNI AL, TNI AD, dan Polres Nias untuk pemaketan langsung bantuan di hadapan para Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Baca Juga: Ketika Ganjar Pranowo Turun Mobil, Tertibkan Kerumunan di Kantor Kecamatan

Sebanyak 64.097 KPM yang terdapat di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kabupaten Nias Selatan menerima bantuan berupa sembako dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang didistribusikan langsung di Lapangan Orurusa, Kota Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. 

Warga rela antre dan bersesak-desakan sejak pagi hari dalam kegiatan pendistribusian bantuan ini.  

Tidak ada petugas yang mengatur jarak antar warga, selain itu sejumlah warga juga terlihat tidak menggunakan masker selama mengantre bantuan. 

Pendistribusian bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara langsung dipaketkan di hadapan para penerima guna menghindari kesalahan pengisian paket bantuan. 

Bantuan yang diberikan berupa beras 10 kilogram, minyak 2 kg, mi instan 20 bungkus, gula pasir 2 kg dan satu kaleng susu.

Baca Juga: Antre Bantuan Sosial, Warga Berdesakan Sejak Pagi Hari

Selain itu, selama pendistribusian, sejumlah personel TNI AL, TNI AD, dan Kepolisian Resor Nias Selatan ikut membantu dalam pemaketan bantuan sembako tersebut. 

Menurut Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, masyarakat diimbau agar tetap menaati peraturan jaga jarak dan mengenakan masker.  

Bagi warga yang sudah terdaftar dalam DTKS Kabupaten Nias Selatan, penerima bantuan dipastikan akan kebagian bantuan. 

Pendistribusian bantuan ini difokuskan kepada seribu paket yang didistribusikan kepada  pedagang, penarik becak, penyapu jalan,  penjual di kaki lima, dan penjual sayur. 

Baca Juga: Ribuan Warga Terima Bantuan JPS Dari Pemeritah Provinsi Jawa Tengah

Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara menganggarkan bantuan sembako sebesar 2,5 miliar rupiah kepada Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 dari hasil refocusing anggaran. 

Selain pendistribusian di daratan, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan juga mendistribusikan kepada warga yang berada di 104 pulau yang ada di Kabupaten Nias Selatan, yang terdiri dari 30 kecamatan, 2 kelurahan, dan 459 desa. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.