Kompas TV entertainment lifestyle

Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu Level of Concern

Kompas.tv - 11 Juni 2020, 12:41 WIB

Oleh Fina Merliane Vidya, Executive Producer News Entertainment Kompas TV

Buat para orangtua yang punya anak menjelang remaja di masa pandemi ini, ketika sekolah berjalan tidak normal, mungkin mengalami masa-masa yang sedikit banyak punya kemiripan. Anak-anak suka bangun siang, kebanyakan berdiam di kamar, asik dengan gadget, atau bermain game seharian. Tapi kalau kebiasaan-kebiasaan itu tidak dialami anak Anda, maka Anda patut bersyukur.

Salah satu trik yang saya gunakan untuk membuat kegiatan anak sedikit lebih produktif adalah membuatnya belajar bahasa Inggris melalui hobinya, yaitu mendengarkan musik. Salah satu lagu favoritnya adalah “Level of Concern” dari Twenty One Pilots.

Caranya adalah meminta anak mendengarkan lagu tersebut menggunakan earphone, dan memintanya menuliskan lirik lagu itu hanya berdasarkan pendengarannya saja. Saya membolehkan dia mengulang lagu itu bait per bait supaya dia bisa lebih jeli dalam mendengarkan liriknya kata per kata.

Setelah dia berhasil menulis keseluruhan lagu, maka saya akan membuka lirik lagu yang benar dan memeriksa apakah lirik lagu yang dia tulis sudah sesuai dengan lirik lagu di situs resmi yang menyediakan lirik lagu tersebut. Dari situ ia akan tahu dimana kesalahannya dan saya akan tanyakan artinya kata per kata. Setelah itu saya juga tanya, lagu itu menceritakan tentang apa sih?

Intinya yang saya inginkan dari anak saya lewat kegiatan ini sebetulnya tidak hanya kemampuan bahasa Inggrisnya yang berkembang, tapi juga analisa kognitifnya dalam hal menginterpretasikan sebuah cerita. Dan tambahan bonusnya adalah ia jadi ngobrol sama saya dan tidak cuma berdiam diri di kamar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x