Kompas TV nasional berita kompas tv

Jabatan Kapolri Tersisa 6 Bulan Lagi, Muncul Kandidat Pengganti Idham Azis, Ini Nama-namanya

Kompas.tv - 11 Juni 2020, 11:50 WIB
jabatan-kapolri-tersisa-6-bulan-lagi-muncul-kandidat-pengganti-idham-azis-ini-nama-namanya
Presiden Joko Widodo melantik Komisaris Idham Azis sebagai Kapolri, Jumat (1/11/2019) pagi. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pukul 09.30 WIB. (Sumber: (KOMPAS.com/Ihsanuddin))
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Jenderal Pol Idham Azis masih memiliki waktu selama 6 bulan untuk menjabat sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia atau Kapolri.

Meski masih setengah tahun lagi, sejumlah nama telah bermunculan untuk menggantikan Idham Azis memimpin Korps Bhayangkara tersebut.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch, Neta S Pane, mengatakan di internal kepolisian bursa calon Kapolri mulai marak dipergunjingkan. 

Baca Juga: Selain 2 Wakapolda, Kapolri Idham Azis Juga Mengganti 13 Kapolres, Berikut Nama-namanya

“Ada delapan nama yang disebut-sebut masuk sebagai kandidat kuat dalam bursa calon Kapolri," demikian diungkapkan melalui keterangan resminya pada Kamis (11/6).

Menurut Neta, delapan nama itu terdiri atas lima jenderal bintang tiga dengan pangkat komisaris jenderal (komjen) dan tiga jenderal bintang dua berpangkat inspektur jenderal (irjen).

Kedelapan nama-nama yang muncul mulai dari lulusan Akademi Kepolisian tahun 1988 A hingga lulusan tahun 1991.

Mereka yang berpangkat jenderal bintang tiga antara lain Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel yang saat ini menjabat Kabaintelkam, Komjen Pol Agus Andrianto selaku Kabaharkam, Komjen Pol Boy Rafli Amar Kepala BNPT, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjabat Kabareskrim, dan Komjen Pol Gatot Eddy Pramono yang kini jadi Wakapolri.

Baca Juga: Kapolri Idham Azis Ganti 2 Wakapolda dan Mutasi Ratusan Perwira Tinggi dan Menengah Polri

Selain itu, untuk jenderal bintang dua ada Irjen Pol Nana Sudjana yang menjabat Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai Kapolda Jateng, dan Irjen Pol Fadhil Imran yang saat ini menjabat Kapolda Jatim.

Menurut Neta, ketiga jenderal bintang dua tersebut bisa masuk bursa calon Kapolri karena menjelang Idham Azis pensiun, ada dua posisi jenderal bintang tiga yang bakal pensiun yakni Kepala BNN dan Sestama Lemhanas.

Neta menambahkan, tapi bila menjelang 1 Juli ini posisi Kakorbrimob dijadikan bintang tiga, peluang jenderal bintang dua untuk masuk menjadi bintang tiga menjadi tiga posisi.

"Sebab keberadaan kakorbrimob dengan pangkat komjen sudah disetujui menteri pendayagunaan aparatur negara dan tinggal menunggu penetapan dan pelantikan saja," ujar Neta.

Baca Juga: Kronologi 300 Siswa Setukpa Polri Terungkap Positif Covid-19, Berawal dari Perintah Idham Azis



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


VOD

SPT PPh Badan | Zona Inspirasi

24 April 2024, 22:52 WIB

Close Ads x