Kompas TV entertainment lifestyle

Masuki New Normal, Amankah Coba Produk Tester Make up di Toko Kosmetik?

Kompas.tv - 11 Juni 2020, 07:20 WIB
masuki-new-normal-amankah-coba-produk-tester-make-up-di-toko-kosmetik
Mencoba tester di toko kosmetik (Sumber: Insider)
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Menguji makeup sebelum membeli pasti dilakukan banyak perempuan di dunia ini. Jika Anda masuk ke sebuah toko konsmetik dan mencobanya, pasti Anda akan tahu bagaimana hasilnya terlihat.

Lantas, menguji produk tester kecantikan di masa New Normal ini apakah berisiko dengan kesehatan

Pernah pada 2017, seorang wanita menggugat Sephora toko kosmetik, mengklaim dia menderita herpes karena menggunakan salah satu penguji lipstik mereka. Itu adalah pengingat bahwa virus dapat hidup dengan lip balm dan lipstik, dan di produk tester makeup.

Satu studi 2019 menemukan bahwa setidaknya 70% dari semua lipstik, lipgloss, eyeliners, mascaras dan blender kecantikan yang mereka uji memiliki "tingkat kontaminasi mikroba yang signifikan." sebuah penelitian lain juga menunjukkan bahwa 43% dari eyeliners dan tongkat maskara terkontaminasi.

"Telah ditetapkan dengan baik bahwa make up brush dan dengan ekstensi make up tester adalah tempat berkembang biak bagi mikroorganisme seperti bakteri," kata dokter kulit Dr. Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis dalam dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai, New York, seperti mengutip Insider, Kamis (11/6/2020).

Lingkungan cair dan krim yang lembab inilah yang menciptakan rumah yang nyaman bagi mikroorganisme.

"Kami tahu tentang COVID-19 yang hidup di benda mati selama beberapa jam hingga beberapa hari," tambahnya. "Karena penguji make up dan sikat diterapkan langsung ke wajah, risiko penyebaran potensial organisme menular semakin besar karena kedekatannya dengan mulut dan hidung," ujar salah satu perwakilan Sephora.

Tentu saja, toko kosmetik ternama seperti Sephora dan Ulta kini hanya berharap pelanggan akan baik-baik saja karena mereka kini hanya melihat sampel dan tidak mencobanya.

"Kami tidak berspekulasi tentang masa depan produk tester sekarang," timpal perwakilan Ulta,

"Untuk saat ini, tester di Ulta hadir hanya memberikan isyarat visual kepada pembeli yang mencari barang-barang seperti palet eyeshadow," tukasnya.

Meskipun demikian, sepertinya tester makeup tidak akan kembali dalam waktu dekat.

"Saya pribadi merasa bahwa tidak mungkin produk tester akan kembali ke toko massal seperti Sephora atau Ulta dalam waktu dekat," kata salah seorang beauty vloger.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x