Kompas TV feature solusi sehat

Begini Senam Hamil Mandiri di Masa Pandemi

Kompas.tv - 10 Juni 2020, 17:42 WIB

Persalinan tentunya jadi masa yang paling ditunggu ibu setelah 9 bulan mengandung. Ada banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum persalinan salah satunya adalah latihan pernapasan.

Latihan mengatur pernapasan sangat penting untuk ibu hamil, karena dapat membantu ibu dalam proses kelahiran, terutama dalam persalinan normal.

Ketika ibu berada dalam keadaan rileks dan dapat mengambil nafas yang panjang serta dalam, maka energi yang dikeluarkan dapat difokuskan dalam proses mengejan.

Biasanya ada studio, klinik atau rumah sakit yang menyediakan senam hamil dan kelas pernapasan untuk persiapan menuju persalinan. Namun, selama masa pandemi seperti sekarang, kelas tersebut harus diselenggarakan secara online.

Ada begitu banyak webminar atau kelas senam hamil online yang bisa Anda pilih. Akan lebih baik sebelum mengikuti kelas senam hamil online Anda sudah berkonsultasi dengan dokter kandungan agar kelas yang Anda ikuti dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kehamilan Anda.

Sebaiknya ajak suami menonton selama Anda mengikuti kelas senam hamil atau latihan pernapasan online. Mereka nanti bertugas membantu Anda mengingat setiap hitungan serta gerakan senam.

Lakukan senam hamil dan latihan pernapasan secara rutin apalagi saat Anda sudah memasuki masa kehamilan di trimester terakhir. (Tily Rheabela)   



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x