Kompas TV nasional aiman

Tujuan New Normal, Produktif Tapi ... - AIMAN (Seg 3)

Kompas.tv - 8 Juni 2020, 23:09 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Badan Pusat Statistik melaporkan pada Februari 2020 bahwa ada sekitar 6,88 juta pengangguran di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah mulai memberlakukan new normal agar geliat ekonomi sektor riil dapat berangsur pulih.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa new normal dilakukan untuk memutus mata rantai Covid-19 serta memutus angka PHK. New normal-pun diberlakukan dengan mencanangkan protokol baru, yaitu memakai masker apabila berkegiatan di luar rumah serta menjaga jarak setidaknya 1 meter antar satu sama lain.

Airlangga menambahkan, protokol new normal dilakukan sampai vaksin ditemukan. Tidak hanya angka pengangguran, tetapi juga angka kemiskinan pun meningkat di kala pandemi. Bagaimana pemerintah menekan angka pengangguran dan kemiskinan di kala pandemi? Pertimbangan seperti apa yang mendorong pemerintah untuk melonggarkan PSBB? Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono berbincang dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto untuk menelusurinya dalam episode “Siasat Melepas Pandemi” bagian tiga.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x