Kompas TV regional berita daerah

Tahapan Pilkada dimasa Pandemi Corona

Kompas.tv - 8 Juni 2020, 19:00 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KAB. SEMARANG, KOMPAS.TV - Pandemi corona tidak hanya merubah pola dan aktivitas masyarakat, namun juga merubah sejumlah agenda besar. Salah satunya agenda pilkada serentak yang sebelumnya akan digelar 23 September, namun diundur menjadi bulan Desember 2020.

Perubahan waktu pencoblosan ini, tentunya juga berimbas pada jadwal sejumlah tahapan pilkada 2020, hal ini seperti yang disampaikan oleh ketua KPU Kabupaten Semarang, Maskub Asyadi. Meski demikian, kini sejumlah persiapan terkait hal tersebut juga telah dilakukan oleh KPU, tentunya dengan tidak meninggalkan protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Dengan adanya pandemi ini, masalah kesehatan tetap menjadi prioritas utama, baik bagi petugas, pemilih, maupun para kandidat.

Untuk mekanisme pastinya, hingga kini KPU RI masih menyusun mekanisme pemilihan dalam pandemi corona, tentunya dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan. Sementara itu, ada ke khawatiran jika pilkada ditengah pandemi corona tetap digelar, yaitu menurunnya angka partisipasi masyarakat. Meskipun pihak penyelenggara telah menetapkan sejumlah protokol kesehatan, namun tidak memungkiri, ada kekhawatiran masyarakat, yang menyebabkan mereka mungkin tidak datang ke tps. Hal ini menjadi PR bagi pihak penyelenggara seperti KPU untuk tetap memberikan sosialisasi pada masyarakat agar tetap berpartisipasi memberikan suara dalam pilkada.

#Kpu #TahapanPilkada #KabupatenSemarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.