Kompas TV nasional berita kompas tv

Mengintip Proses Perawatan dan Sterilisasi Pesawat Lion Air Group

Kompas.tv - 7 Juni 2020, 23:02 WIB
mengintip-proses-perawatan-dan-sterilisasi-pesawat-lion-air-group
Teknisi dan tim pelaksana perawatan dan sterilisasi armada Lion Air Group. (Sumber: Istimewa/Lion Air Group)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat Lion Air Group kian semangat untuk terus memperhatikan perawatan armada.

Maskapai berlogo kepala singa itu menyebut tetap menjalankan semua perawatan pesawat sesuai dengan program perawatan (approved maintenance program) secara berjadwal (schedule maintenance) dan tidak berjadwal (unscheduled maintenance).

"Hal ini merupakan kesungguhan dalam setiap pelaksanaan operasional penerbangan, memastikan bahwa pesawat kondisi aman dan laik terbang (airworthy for flight) serta sejalan untuk merencanakan dengan tepat persiapan penerbangan (preparation ready for flight)," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/6/2020). 

Menurut dia, Lion Air Group mempersiapkan semua armada yang akan dioperasikan menurut kebutuhan. Yakni terdiri dari tipe Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Airbus 320-200CEO, Airbus 320-200NEO, Airbus 330-300CEO, Airbus 330-900NEO, ATR 72-500, dan ATR 72-600.

Baca Juga: 5 Juni 2020 Lion Air Group Kembali Stop Terbang, Banyak Penumpang Tak Lengkapi Dokumen

Selain itu, Danang juga menyebut bahwa Lion Air Group menjalani perawatan dengan meningkatkan fase pengerjaan sebagai berikut:

1. Sterilisasi Pesawat

Menyediakan dan melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku.

Area detail mencakup ruang kokpit, toilet (lavatory), dapur (galley), kompartemen bagasi, meja lipat pada kursi, sandaran kursi, penutup kursi bagian kepala (head cover), penutup jendela dan dinding kabin, karpet, dan ruang kargo di bagian bawah kabin pesawat

2. Kebersihan Pesawat dan Peralatan Pendukung

Peningkatan kegiatan kebersihan pesawat udara secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC), seperti pencucian dan membersihkan (lap) badan pesawat.

Selain itu, kebersihan diberlakukan untuk peralatan pendukung seperti kendaraan pendorong pesawat (pushback car), bus penghubung (neoplane), tangga masuk pesawat untuk penumpang dan kargo, kendaraan pengangkut barang dan kargo.

3. Pengecekan dan Pemeliharaan Komponen Pesawat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x