Kompas TV regional berita daerah

Jumlah Pasien Sembuh Corona Surabaya Meningkat Tajam, Risma Ungkap Rahasianya

Kompas.tv - 7 Juni 2020, 22:07 WIB
jumlah-pasien-sembuh-corona-surabaya-meningkat-tajam-risma-ungkap-rahasianya
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. (Sumber: KOMPAS.com/GHINAN SALMAN)
Penulis : Fadhilah

SURABAYA, KOMPAS.TV - Jumlah pasien sembuh virus corona atau Covid-19 di Kota Surabaya terus meningkat. Terbaru dalam lima hari terakhir, 1-5 Juni 2020, angka kesembuhan mencapai 519 pasien.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengungkapkan, kabar menggembirakan tersebut tak lepas dari strategi 3T, yakni, testing, tracing, and therapy serta dukungan mobil PCR bantuan BNPB.

"Adanya dukungan mobil PCR (polymerase chain reaction) ini yang menjadi salah satu indikator peningkatan kesembuhan pasien itu," kata Risma di Balai Kota Surabaya, Jumat (5/6/2020).

 

Menurut Risma, peran mobil PCR tersebut mempercepat pemeriksaan sampel cairan tenggorokan pasien positif Covid-19.

"Warga yang mestinya sudah harus swab yang kedua itu tertunda karena tidak punya alat. Dengan alat ini (mobil PCR), maka percepatan itu bisa kelihatan," jelas Risma.

Sementara itu, Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, pasien corona di Surabaya benar-benar dinyatakan sembuh jika sudah melakukan tes swab dua kali.

Risma pun berharap warga yang sudah sembuh tetap konsisten menjaga kondisi dan mengikuti protokol kesehatan, seperti cuci tangan dan memakai masker.

"Karena itu saya tidak mau warga lengah meskipun mereka sudah dinyatakan sembuh oleh dokter," tutur Risma.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.