Kompas TV TALKSHOW polling

Ilmuwan Indonesia di Malaysia Bicara Vaksin Corona, Benarkah Konspirasi? - POLLING #12

Selasa, 9 Juni 2020 | 11:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang ilmuwan Indonesia yang ada di Malaysia berbagi cerita terkait dengan isu virus corona (covid-19) dari sisi ilmu pengetahuan.

Bimo Ario Tejo, yang merupakan Associate Professor di Universiti Putra Malaysia mengaku heran dengan banyaknya berita hoax dan teori konspirasi yang tersebar di Indonesia.

Menurutnya, isu-isu hoax mengenai Covid-19 di Indonesia tidak banyak beredar dan tidak dipercayai oleh masyarakat Malaysia. Ia menduga, kondisi ini dikarenakan pemerintah Malaysia berhasil menjawab permasalahan corona dengan ilmu pengetahuan.

Saat ini, kurva kasus corona di Malaysia sudah turun. Dalam sehari, negeri jiran tersebut hanya menghadapi puluhan kasus, setelah sebelumnya sempat mengalami lonjakan ratusan kasus per harinya.

Bimo juga menyayangkan adanya isu konspirasi terkait dengan vaksin corona. Menurutnya, seharusnya tidak ada lagi penguasaan elit tertentu dalam bisnis vaksin, karena Indonesia sebenarnya memiliki pabrik yang bisa memproduksi vaksin.

"Seharusnya Indonesia satu langkah lebih maju dari Malaysia, karena kita memiliki pabrik vaksin di Bandung. Jadi tidak ada lagi penguasaan global untuk vaksin, karena sejumlah negara itu mampu produksi vaksin," ujar Bimo saat diwawancara di Podcast Keliling (Polling) KompasTV pada Rabu (3/6/2020).

Ia juga mengatakan, dalam menyelesaikan kasus covid-19, masyarakat harus percaya pada ilmu pengetahun bukan pada hoax.

Baca Juga: Studi Ilmuwan Singapura: Wabah Covid-19 di Indonesia Berakhir pada 31 Juli 2020

Editor : Laura Elvina



BERITA LAINNYA


PILKADA SERENTAK

Saran Pilkada Ditunda Cambuk Bagi KPU

Minggu, 20 September 2020 | 12:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:23
WEBINAR NARASI BRAND BERSAMA TARRENCE PALAR DAN HANDOKO HENDROYONO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   DITPOLAIRUD POLDA PAPUA TERJUNKAN PERSONEL UNTUK JADI TENAGA PENGAJAR BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH DI PULAU KOSONG   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH SEGERA TETAPKAN STANDAR HARGA TES PCR DI BERBAGAI RUMAH SAKIT   KEMENDAG AMERIKA SERIKAT TUNDA LARANGAN PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK HINGGA 27 SEPTEMBER 2020   PEMKOT PEKANBARU, RIAU, TAMBAH 200 TENAGA KESEHATAN DALAM UPAYA PENANGGULANGAN COVID-19   KANTOR WALI KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT DITUTUP TIGA HARI KE DEPAN SETELAH LIMA PEGAWAI POSITIF COVID-19   KEMLU SEBUT KASUS BARU WNI DI LUAR NEGERI YANG TERKONFIRMASI COVID-19 BERASAL DARI KUWAIT   KEMLU MENCATAT KASUS WNI TERKONFIRMASI COVID-19 DI LUAR NEGERI BERTAMBAH MENJADI 1.422 KASUS   MENKO PMK MINTA PEMDA MEMILIKI INISIATIF JIKA FASILITAS UNTUK PENANGANAN COVID-19 DARI PUSAT BELUM TURUN   MANTAN PM KANADA JOHN TURNER TUTUP USIA   KUASA HUKUM JOHN KEI SEBUT PENAHANAN KLIENNYA DIPERPANJANG HINGGA 19 OKTOBER 2020   KEMENKES IRAN MENCATAT ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19 MENCAPAI 24.000 KASUS   POLRES BOGOR, JAWA BARAT: WISATAWAN KE PUNCAK TURUN 80 PERSEN, PENGARUH PSBB JAKARTA