Kompas TV entertainment musik

Lathi, Bukti Weird Genius Jadikan Elemen Tradisional Identitas Bermusik

Kompas.tv - 7 Juni 2020, 11:15 WIB
lathi-bukti-weird-genius-jadikan-elemen-tradisional-identitas-bermusik
Weird Genius (Sumber: Dok Pribadi)
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Lirik "Lathi" terinspirasi pengalaman personal yang bisa dialami banyak orang, yakni bercerita toxic relationship yang didominasi kebohongan dan ego.

Proses pembuatan lagu itu terbilang cepat, lebih kurang satu bulan. Saat membuat lagu tersebut, Weird Genius menggandeng Sara Fajira.

Alasannya sederhana karena mereka kurang paham bahasa Jawa. "Kami mundur selangkah kami persilakan Sara tulis bahasa Jawa yang bisa bikin kita merinding. Kami bikin bareng-bareng berempat," kata Eka.

Baca Juga: Profil Weird Genius, Grup Musik yang Berkiblat pada Upbeat, Pumping dan Crazy-drop

"Secara musik, kami seimbangkan antara EDM masa kini dan lirik berbahasa Inggris dengan elemen tradisional dari instrumen maupun bahasa Jawa," ujar Eka.

Weird Genius feat Sara Fajira bakal nongkrong di Inspirasi Musik Kompas TV sore ini jam 3 sore, Minggu (7/6/2020) (Sumber: KompasTV)

Kamu yang sudah dengerin lagu “Lathi” atau sering nonton video #LathiChallenge di media sosial? Yuk, sore ini pukul 15.00 WIB ngobrol seru bersama pencipta lagu Lathi.

Nanti personel Weird Genius hadir lengkap, ada @_geraldgerald_ @ekagustiwana @ybrap hingga @sarafajira.

Jika bicara lagu Lathi, di lagu tersebut, Eka Gustiwana menggaet penyanyi muda Sara Fajira. Dalam waktu singkat tembang tersebut sudah jadi jajaran video trending di media sosial.

Weird Genius merupakan grup musik elektronik yang terdiri dari dua YouTuber serta seorang DJ. Dua YouTuber itu ialah Eka Gustiwana dan Reza "Arap" Oktovian, serta Gerard Liu. Kata "Lathi" yang kemudian dijadikan judul lagu tersebut memiliki makna sebagai ucapan, berasal dari bahasa Jawa kuno.

Reza Oktovian, Eka Gustiwana, Gerald Liu mulai mengolah musik bersama pada tahun 2016.

Sebelumnya, mereka sudah memiliki project masing-masing. Segera setelah memutuskan bergabung, semua kemampuan mereka tuangkan sepenuhnya ke dalam usaha kolaboratif ini.

"Untuk inspirasi dari mana saja, tentang cinta sampai kehidupan,sosial hingga gaming. Ketika ditanya deskripsi musik Weird Genius, kita gambarkan Weird Genius ini dengan hard, upbeat, pumping, crazy-drop. Gaya musik ini yang sengaja dibangun sejak awal," seru Reza Arap dalam keterangan resminya kepada KompasTV, Minggu (7/6/2020).

Baca Juga: Jangan Lupa! Ada Weird Genius ft Sara Fajira, Jam 3 Sore di Inspirasi Musik KompasTV

Dalam waktu singkat Weird Genius mencuri perhatian penggemar EDM dan meraih lebih dari jutaan stream di beberapa platform musik digital. Meski menikmati waktu dan tenaga yang diinvestasikan setiap mempersiapkan trek baru, mereka juga sangat menantikan kesempatan bermain langsung dan merasakan keseruan energi dari para penggemar.

"Setiap tahun, kami terlibat dalam ajang berskala lokal maupun internasional, seperti Viral Fest Asia Festival Bangkok 2017, Soundrenaline Bali 2018, Local Act for Yellow Claw’s Indonesian Tour 2018, Sky Garden Bali 2018, Local Act for The Chainsmokers Live in Concert Jakarta 2018, SHVR Jakarta 2018 & 2019, dan sebagainya," ujar Gerald Liu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x