Kompas TV nasional berita kompas tv

Fatwa MUI Soal Merenggangkan Saf dan Pakai Masker saat Shalat Berjamaah

Jumat, 5 Juni 2020 | 13:17 WIB
fatwa-mui-soal-merenggangkan-saf-dan-pakai-masker-saat-shalat-berjamaah
Persiapan Shalat Jumat di Masjid Baiturrahim di komplek Istana Negara (Sumber: dok. Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPASTV - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa mengenai shalat berjamaah.

MUI menyatakan merenggangkan saf saat shalat hukumnya boleh dan tidak kehilangan keutamaan berjemaah.

Langkah ini sebagai upaya mencegah penularan wabah COVID-19, serta penerapan salah satu protokol Covid-19 yakni menjaga jarak atau physical distancing.

Baca Juga: MUI Bolehkan Masjid Gelar Shalat Jumat Namun Tetap Perhatikan Prokotol Kesehatan

"Merenggangkan saf hukumnya boleh, salatnya sah dan tidak kehilangan keutamaan berjemaah karena kondisi tersebut sebagai hajat syar’iyyah," bunyi fatwa MUI yang ditetapkan, 4 Juni 2020 itu, Jumat (5/6/2020).

Selaian merenggangkan saf, MUI juga memperbolehkan penggunaan masker yang menutup hidung saat shalat. Karena hidung tidak termasuk anggota badan yang harus menempel pada tempat sujud saat shalat.

"Menutup mulut saat shalat hukumnya makruh kecuali ada hajat syar'iyyah. Karena itu, shalat dengan memakai masker karena ada hajat untuk mencegah penularan wabah Covid-19 hukumnya sah dan tidak makruh," jelas Fatwa MUI Nomor 31 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Shalat Jumat dan Jemaah untuk Mencegah Penularan Wabah Covid-19.

Editor : Johannes Mangihot

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:47
BACA BERITA KOMPAS.ID, BONUS E-BOOK GRAMEDIA DIGITAL. SEGERA AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL   MENANG 8-2 ATAS BARCELONA, BAYERN MUENCHEN LANJUT KE SEMIFINAL LIGA CHAMPIONS   KEMENTERIAN PUPR SIAP SALURKAN INSENTIF PRASARANA, SARANA, DAN UTILITAS RUMAH BERSUBSIDI   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA IMBAU WARGA TAK GELAR LOMBA PERINGATAN HUT KE-75 RI KARENA PANDEMI KORONA   PEMKOT DENPASAR AKAN TERAPKAN SANKSI DENDA DAN SOSIAL BAGI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   PT KAI DAOP 2 BANDUNG OPERASIKAN KEMBALI 3 KERETA API JARAK JAUH KE ARAH JATENG DAN JATIM   PEMAIN BELAKANG BARCELONA ASAL PERANCIS SAMUEL UMTITI POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA   KAPOLSEK JENU, TUBAN, JAWA TIMUR, BENARKAN DAGING BANTUAN PROGRAM BPNT TIDAK LAYAK KONSUMSI   WAKIL KETUA DPRD DKI ZITA ANJANI MINTA WARGA TIDAK MEMBUAT LOMBA PERINGATAN 17 AGUSTUS   PEMERINTAH SPANYOL MELARANG WARGANYA MEROKOK DI JALAN UMUM UNTUK CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   PBB TELUSURI LIMBAH BERBAHAYA BEKAS LEDAKAN DI BEIRUT, LEBANON   GIANT EXTRA MARGO CITY DITUTUP SEMENTARA AKIBAT ADA PEGAWAI YANG POSITIF COVID-19