Kompas TV nasional berita kompas tv

Fatwa MUI Soal Merenggangkan Saf dan Pakai Masker saat Shalat Berjamaah

Jumat, 5 Juni 2020 | 13:17 WIB
fatwa-mui-soal-merenggangkan-saf-dan-pakai-masker-saat-shalat-berjamaah
Persiapan Shalat Jumat di Masjid Baiturrahim di komplek Istana Negara (Sumber: dok. Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPASTV - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa mengenai shalat berjamaah.

MUI menyatakan merenggangkan saf saat shalat hukumnya boleh dan tidak kehilangan keutamaan berjemaah.

Langkah ini sebagai upaya mencegah penularan wabah COVID-19, serta penerapan salah satu protokol Covid-19 yakni menjaga jarak atau physical distancing.

Baca Juga: MUI Bolehkan Masjid Gelar Shalat Jumat Namun Tetap Perhatikan Prokotol Kesehatan

"Merenggangkan saf hukumnya boleh, salatnya sah dan tidak kehilangan keutamaan berjemaah karena kondisi tersebut sebagai hajat syar’iyyah," bunyi fatwa MUI yang ditetapkan, 4 Juni 2020 itu, Jumat (5/6/2020).

Selaian merenggangkan saf, MUI juga memperbolehkan penggunaan masker yang menutup hidung saat shalat. Karena hidung tidak termasuk anggota badan yang harus menempel pada tempat sujud saat shalat.

"Menutup mulut saat shalat hukumnya makruh kecuali ada hajat syar'iyyah. Karena itu, shalat dengan memakai masker karena ada hajat untuk mencegah penularan wabah Covid-19 hukumnya sah dan tidak makruh," jelas Fatwa MUI Nomor 31 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Shalat Jumat dan Jemaah untuk Mencegah Penularan Wabah Covid-19.

Editor : Johannes Mangihot

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:29
PT GARUDA INDONESIA AKHIRI KONTRAK 700 KARYAWAN AKIBAT TERDAMPAK PANDEMI COVID-19   10 PEGAWAI RSUD BATARA GURU BELOPA, KABUPATEN LUWU, SULSEL, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   KOMNAS PEREMPUAN MINTA BAWASLU TANGSEL TINDAK TEGAS PASLON YANG LECEHKAN RAHAYU SARASWATI DJOJOHADIKUSUMO   PETUGAS LAPAS KELAS B KUALA TUNGKAL, JAMBI, GAGALKAN PENYELUNDUPAN SABU DI DALAM PEMPEK KAPAL SELAM   RIBUAN WARGA BANGLADESH BERUNJUK RASA DI DHAKA SERUKAN BOIKOT PRODUK PERANCIS DAN ANTI-PERANCIS   POLDA JABAR KERAHKAN 14.000 POLISI UNTUK MENJAGA LIBUR CUTI BERSAMA AKHIR OKTOBER 2020   MENKO BIDANG PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO SEBUT IZIN PENGGUNAAN VAKSIN COVID-19 SINOVAC TETAP DARI BPOM   TERPIDANA BENNY TJOKRO AJUKAN BANDING KASUS JIWASRAYA YANG MEMUTUS HUKUMAN SEUMUR HIDUP UNTUK DIRINYA   POLDA METRO JAYA KERAHKAN 2.999 PERSONEL DI PUSAT PERBELANJAAN, TEMPAT WISATA, & TITIK KERAMAIAN SAAT LIBUR PANJANG   MENAKER MENILAI UNJUK RASA YANG DILAKUKAN DALAM KONDISI PANDEMI COVID-19 TIDAK BIJAK   POLRES BANDARA SOEKARNO-HATTA TETAPKAN 3 TERSANGKA DALAM KASUS KEPEMILIKAN SENJATA API   JUBIR PONPES HUSNUL KHOTIMAH DI KUNINGAN, JAWA BARAT, MENGATAKAN 388 ORANG TELAH SEMBUH DARI COVID-19   KEMLU TELAH MEMANGGIL DUBES PERANCIS UNTUK INDONESIA, OLIVIER CHAMBARD, SOAL PERNYATAAN PRESIDEN EMMANUEL MACRON   MENLU RETNO MARSUDI: INDONESIA KECAM PERNYATAAN PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON YANG MENGHINA AGAMA ISLAM