Kompas TV nasional berita kompas tv

Waspada! 64 Pasar Menjadi Tempat Penularan Virus Corona

Kompas.tv - 5 Juni 2020, 09:45 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aliansi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia mencatat ada 64 pasar tradisional di seluruh Indonesia yang pedagangnya terinfeksi corona.

Sebelumnya juru bicara pemerintah untuk Covid-19 Ahmad Yurianto mengatakan pasar kini menjadi pemicu tingginya penambahan kasus positif virus corona.

Ketua umum Aliansi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia atau Apsindo, Hasan Basri mengatakan pedagang pasar memang sangat rentan dengan Covid-19, karena harus berhadapan langsung dengan masyarakat dalam jarak dekat.

Baca Juga: Jelang New Normal Sejumlah Pasar Padat, Protokol Kesehatan Diabaikan

Terkait maraknya kasus positif virus corona di lingkungan pasar yang terus meningkat, Apsindo meminta kepada para pedagang di seluruh Indonesia untuk menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus corona.

Sebelumnya, Pasca-penemuan sejumlah pedagang, yang positif terinfeksi covid-19, pasar tradisional di Depok Jawa Barat, dan di Cileungsi Kabupaten Bogor Jawa Barat, ditutup sementara.

Ditemukannya tujuh pedagang di pasar cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang positif terinfeksi covid sembilan belas, membuat perusahaan daerah pasar tohaga, menghentikan sementara kegiatan di pasar.

Untuk mencegah penyebaran virus, petugas gugus tugas penanganan Covid 19 Kabupaten Bogor, langsung melakukan penyemprotan cairan disinfektan, di area pasar.

Baca Juga: Evaluasi PSBB, Pasar Tradisional Jadi Salah Satu Perhatian Pemprov Jatim


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.