Kompas TV bisnis ukm

Pengakuan Susi Pudjiastuti PHK Karyawannya: Terpaksa, Penerbangan Susi Air Hampir 99 Persen Hilang

Kompas.tv - 4 Juni 2020, 21:24 WIB
pengakuan-susi-pudjiastuti-phk-karyawannya-terpaksa-penerbangan-susi-air-hampir-99-persen-hilang
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti memberikan semangat kepada masyarakat dalam menghadapi pendemi virus corona. (Sumber: Youtube Susi Pudjiastuti)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan yang juga pengusaha pemilik dari maskapai penerbangan Susi Air, Susi Pudjiastuti, turut menjadi pihak yang kena dampak wabah virus corona atau Covid-19.

Karena terimbas pandemi, Susi mengaku terpaksa harus melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) teradap sejumlah karyawannya yang bekerja di Susi Air.

Namun demikian, Susi tak mengungkap berapa banyak karyawan Susi Air yang terkena PHK.

"Kami pun sama harus merumahkan & mem-PHK karyawan karena situasi memang tidak memungkinkan," tulis Susi Pudjiastuti dalam akun Twitter pribadinya, Kamis (4/6/2020).

Baca Juga: Jokowi Minta Program PEN Sasar Sektor Padat Karya untuk Mencegah PHK

Susi beralasan, PHK harus dilakukan karena 99 persen penerbangan Susi Air dihentikan akibat pandemi Covid-19. Hanya tersisa 1 persen untuk penerbangan perintis yang mulai beroperasi minggu ini.

"Susi air hampir 99 persen penerbangannya pun berhenti. Semua terkena dampak. Sebagian ya," ucap Susi.

Sebelumnya, Susi sempat mengeluh pendapatan maskapainya menurun akibat pandemi. Tak tanggung-tanggung, hampir 98 persen pesawatnya tak lagi melakukan penerbangan pada April 2020 lalu.

Penerbangan perintis pun sudah 95 persen berhenti karena bandara-bandara tujuan ditutup dan dibatasi operasionalnya selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Penerbangan kargo, yang menjadi andalannya saat ini, tak senormal hari biasa.

"Susi Air contohnya perusahaan yang saya punya, dalam 1 bulan kehilangan 98 persen dari penerbangan. How can we go back to 30 persen aja belum terbayang," kata Susi dalam konferensi video, Rabu (29/4/2020).

Baca Juga: 1.500 Karyawan Agoda Di-PHK Imbas Virus Corona, Gaji Pimpinan Dipotong

Susi menyatakan demikian menanggapi PHK sejumlah pilot salah satunya adalah maskapai penerbangan pelat merah, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x