Kompas TV regional berita daerah

Warga Binaan Lapas Produksi APD

Kompas.tv - 5 Juni 2020, 07:40 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

KUBU RAYA, KOMPAS.TV - Walaupun menjalani hukuman di balik jeruji besi, dan berada di tengah pandemi covid, para warga binaan Lapas Kelas IIA Pontianak tak lantas berdiam diri. Melalui pembinaan yang dilakukan petugas, para warga binaan di Lapas Kelas IIA PontianaK, turut menyumbang tenaga dan pikiran untuk mengatasi pandemi covid-19.

Dengan peralatan yang disediakan, para warga binaan ini dengan cekatan membuat alat-alat pelindung diri medis berupa baju azmat, pelindung wajah, hingga masker.

Pembuatan APD ini dilakukan sepenuhnya oleh para warga binaan, mulai dari membuat pola, menggunting, hingga menjahir.

Saat ini, setidaknya 200 buah baju, 500 masker dan 200 pelindung wajah, telah berhasil dibuat, dan rencananya akan disumbang ke pemerintah kabupaten kubu raya, untuk petugas medis.

“Pembuatan APD mulai dari masker hingga pelindung wajah dan pakaian, anggarannya dari pemerintah yang awalnya untuk pelatihan dialihkan ke pembuatan APD. Diharapkan produksi ini akan disumbangkan ke Rumah Sakit Kabupaten Kubu Raya,” ungkap Farhan Hidayat, Kepala Lapas Kelas IIA Pontianak.

Warga binaan yang sebelumnya memiliki keterampilan menjahit ini, belajar membuat baju hazmat, berbekal contoh yang diberikan oleh petugas. Selain sebagai aksi sosial, namun sebagai pengisi waktu luang warga binaan.

Lapas Kelas IIA Pontianak berencana, akan tetap membuat APD jika anggaran, dan bahan baku tersedia. Sebab untuk membuat APD, lapas menggunakan anggaran pelatihan bagi warga binaan.

Baca Juga: 6 Pasien Sembuh Covid-19 Dipulangkan

Simak informasi lain dari Kabupaten Kubu Raya dan Kalimantan Barat di channel YouTube KompasTV Pontianak.

#APD #Covid19 #Lapas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x