Kompas TV regional berita daerah

Warga Binaan Lapas Produksi APD

Jumat, 5 Juni 2020 | 07:40 WIB

KUBU RAYA, KOMPAS.TV - Walaupun menjalani hukuman di balik jeruji besi, dan berada di tengah pandemi covid, para warga binaan Lapas Kelas IIA Pontianak tak lantas berdiam diri. Melalui pembinaan yang dilakukan petugas, para warga binaan di Lapas Kelas IIA PontianaK, turut menyumbang tenaga dan pikiran untuk mengatasi pandemi covid-19.

Dengan peralatan yang disediakan, para warga binaan ini dengan cekatan membuat alat-alat pelindung diri medis berupa baju azmat, pelindung wajah, hingga masker.

Pembuatan APD ini dilakukan sepenuhnya oleh para warga binaan, mulai dari membuat pola, menggunting, hingga menjahir.

Saat ini, setidaknya 200 buah baju, 500 masker dan 200 pelindung wajah, telah berhasil dibuat, dan rencananya akan disumbang ke pemerintah kabupaten kubu raya, untuk petugas medis.

“Pembuatan APD mulai dari masker hingga pelindung wajah dan pakaian, anggarannya dari pemerintah yang awalnya untuk pelatihan dialihkan ke pembuatan APD. Diharapkan produksi ini akan disumbangkan ke Rumah Sakit Kabupaten Kubu Raya,” ungkap Farhan Hidayat, Kepala Lapas Kelas IIA Pontianak.

Warga binaan yang sebelumnya memiliki keterampilan menjahit ini, belajar membuat baju hazmat, berbekal contoh yang diberikan oleh petugas. Selain sebagai aksi sosial, namun sebagai pengisi waktu luang warga binaan.

Lapas Kelas IIA Pontianak berencana, akan tetap membuat APD jika anggaran, dan bahan baku tersedia. Sebab untuk membuat APD, lapas menggunakan anggaran pelatihan bagi warga binaan.

Baca Juga: 6 Pasien Sembuh Covid-19 Dipulangkan

Simak informasi lain dari Kabupaten Kubu Raya dan Kalimantan Barat di channel YouTube KompasTV Pontianak.

#APD #Covid19 #Lapas

Editor : KompasTV Pontianak



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:45
BANGUN 23 TITIK SUPER WIFI DI LABUAN BAJO, MENKOMINFO JOHNNY G PLATE SEBUT JANGKAUANNYA MENCAPAI RADIUS 500 METER   JAKSA AKUI MASIH SELIDIKI BERKAS PERKARA KASUS DUGAAN SUAP PENGHAPUSAN “RED NOTICE” DJOKO TJANDRA   KEMNAKER OPTIMISTIS “OMNIBUS LAW” RUU CIPTA KERJA AKAN MENGHADIRKAN PERLINDUNGAN LEBIH BAGI PARA PEKERJA   KONFEDERASI PERSATUAN BURUH INDONESIA MINTA PRESIDEN JOKOWI MENGHENTIKAN PEMBAHASAN OMNIBUS LAW RUU CIPTA KERJA   KOMISI X DPR SEBUT KLASTER PENDIDIKAN DITARIK DARI RUU CIPTA KERJA KARENA BANYAK PENOLAKAN DARI BERBAGAI PIHAK   BADAN ANGGARAN DPR SEPAKAT RAPBN 2021 DIBAWA KE SIDANG PARIPURNA   KEMENPAREKRAF SIAPKAN SEJUMLAH STRATEGI PENANGANAN COVID-19 DAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL DI SEKTOR PARIWISATA   KOMISIONER KPU IMBAU SEMUA PIHAK YANG TERLIBAT PILKADA PATUHI PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19   KAMPANYE PILKADA AKAN DIMULAI 26 SEPTEMBER 2020 DAN BERAKHIR PADA 5 DESEMBER 2020   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: 208 TEMPAT USAHA DI JAKARTA DITUTUP SEMENTARA KARENA LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN    PEMPROV DKI JAKARTA AKAN LIBATKAN 26 RUMAH SAKIT SWASTA MENJADI RUMAH SAKIT RUJUKAN PENANGGULANGAN COVID-19   MENTERI PPPA MINTA MASYARAKAT TETAP GUNAKAN MASKER DI RUMAH UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19 DI LINGKUNGAN KELUARGA   MENTERI PPPA SEBUT PIHAKNYA TENGAH MENYUSUN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 DI LINGKUP KELUARGA   MENTERI AIRLANGGA HARTARTO: PEMERINTAH TENGAH MERANCANG PERPRES & PETA JALAN TERKAIT DISTRIBUSI VAKSIN COVID-19