Kompas TV regional berita daerah

Peti Mati Di Pos Penjagaan

Kompas.tv - 4 Juni 2020, 15:45 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MINAHASA, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara,  kini gencar melakukan pemeriksaan kesehatan di pos pembatasan orang di perbatasan Kabupaten Minahasa dan  Kabupaten Minahasa Selatan. Petugas pos setempat  sengaja meletakan satu  peti mati di samping pos guna mengingatkan warga untuk terus berada dirumah saja dan menerapkan  protokol kesehatan.

Setiap pos memiliki kreasi sendiri untuk membuat warga lebih paham akan ancaman COVID-19. Salah satunya yang dilakukan di pos penjagaan di Desa Tombasian Kabupaten Minahasa. Selain rutin memeriksa setiap pengedara, petugas di pos pemeriksaan ini sengaja meletakan satu peti mati tepat dipinggiran jalan. 

Peti mati ini di letakan pos penjagaan untuk mengingatkan warga bahwa ancaman vius Corona sangat serius,  apabila tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan berbahaya bagi keselamatan jiwa setiap orang.  Warga khususnya pengendara dan penumpang yang lewat di perbatasan diimbau  tidak dulu beraktifitas diluar rumah, selalu memakai masker dan rajin mencuci tangan. 

Disamping peti mati juga diletakkan sebuah baliho dengan tulisan peringatan berbahasa lokal ‘pilih, mo tinggal dirumah ato maso disini” yang dalam bahasa indonesia diterjemahkan ‘pilih, mau tetap dirumah atau mau di peti mati,’.  video pos penjagaan di kabupaten Minahasa ini pun sempat viral di media sosial.

Pos penjagaan di Desa Tombasian Bawah ini diisi dengan petugas gabungan yakni aparat desa, dinas perhubungan, serta  dinas kesehatan. Hal ini dilakukan  pemerintah desa sebagai langkah pencegahan COVID-19 di Sulawesi Utara, khususnya di Kabupaten Minahasa. Cara ini dianggap paling jitu untuk membuat warga takut melanggar protokol kesehatan COVID-19.

Menurut pengakuan relawan pencegahan pemberantasan covid-19 desa tombasian, adanya peti mati di pos penjagaan karena usulan dari hukumtua desa tersebut. tujuannya untuk menggugah sekaligus mengingatkan bahaya virus corona jika kita suka jalan-jalan atau suka’pontar’. Peti mati bukan untuk menakut-nakuti melainkan hanya untuk memperingatkan warga.

Pos pemeriksaan pencegahan penyebaran COVID-19 di Desa Tombasian Bawah ini mulai dimaksimalkan sejak sebulan lalu, jam operasional mulai jam 06.00 pagi hingga tengah malam. Dengan biaya operasional seadanya, pos ini maksimalmendukung program pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona.

#kompastv #kompastvmanado #petimati #pospenjagaan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x