Kompas TV regional berita daerah

Gagal Haji Karena Pandemi Setelah 20 Tahun Menabung

Kompas.tv - 4 Juni 2020, 15:27 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN,KOMPAS TV - Kebijakan pemerintah tidak memberangkat jemaah calon haji tahun ini, menjadi pukulan batin bagi seorang calon jemaah haji asal Madiun, Jawa Timur.  Seorang nenek yang telah menabung selama 20 tahun gagal berangkat haji tahun ini karena pandemi.

Suci, perempuan berusia 60 lima tahun, warga Desa Sumbergandu, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, ini sehari-hari menghabiskan waktunya dengan menjaga toko perabotan dan toko baju miliknya.

Dari penghasilan toko inilah Suci menabung sejak tahun 2000 lalu untuk biaya naik haji. Nenek ini mulanya mengimpikan memenuhi rukun Islam ke-5 bersama sang suami. Namun impiannya sirna kala suaminya meninggal dunia pada tahun 2014 lalu.

Setelah 20 tahun menabung, Suci dinyatakan dapat menunaikan ibadah haji tahun ini, bersama 416 calon jemaah haji asal Kabupaten Madiun lainnya.

impiannya harus tertunda, menyusul kebijakan pemerintah tidak memberangkat jemaah calon haji tahun ini karena pandemi covid-19. Dirinya sempat kecewa, karena selain usianya sudah senja, Suci berharap pandemi segera sirna, agar dirinya dapat berhaji di tanah suci tahun 2020 ini.

Kementrian agama Kabupaten Madiun mencatat, tahun 2020 ini terdapat 416 jemaah calon haji Kabupaten Madiun yang akan diberangkatkan.  Namun karena situasi pandemi covid-19 belum membaik, maka para jamaah yang sedianya berangkat melalui kloter 15 sekira tanggal 30 Juni 2020 ini harus menunda hingga tahun 2021 mendatang.

#beritamadiun

#haji2020

#gagalhaji



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x