HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Unik ! Souvenir Bros Karawo Berbahan Dasar Limbah

Kamis, 4 Juni 2020 | 15:25 WIB

GORONTALO, KOMPAS TV - Sampah atau sisa - sisa bahan bekas bagi kebanyakan orang tidak akan ada gunanya lagi. Namun berbeda dengan inu rumah tangga warga kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.


Bahan bekas yang dijadikan sampah oleh warga ini dimanfaatkan Nining Mantali untuk diolah kembali menjadi bahan hiasan yang menarik.


Di tempat usaha kecil menengah  ini, Nining mengolah bahan - bahan bekas seperti botol plastic, kain bekas, pelapah pisang hingga limbah  sterofoom, menjadi aksesoris cantik dan unik. salah satunya dibuat broos Karawo.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Sebut Dunia Belum Aman Dari Covid-19


Banyaknya permintaan, membuat kerajinan tangan ini bukan hanya sekedar hobby lagi,  namun dengan hasil kerajinan yang diproduksinya, kini Nining bisa menghasilkan uang yang kemudian bisa menopang kebutuhan keluarga.


Dalam sehari Nining bisa meproduksi 24 buah bros karawo dibantu oleh sejumlah siswa dan ibu rumah tangga, disekitar tempat tinggalnya.
Satu buah Bros dijual dengan harga 15 ribu rupiah hingga 35 ribu rupiah sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatan.


pembuatan bros karawo  yang ditekuni Nining sejak tiga tahun lalu, kerajinan berbahan dasar limbah ini tidak saja dipasarkan di wilayah Provinsi Gorontalo, namun dengan bantuan pemerintah setempat, Bros karawo kini sudah dipasarkan hingga keluar negeri.
seperti pamerkan di negara Chile.

#Bros Karawo  #Limbah  #Gorontalo

Editor : KompasTV Gorontalo



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
16:25
ATLET BADMINTON DUNIA LIN DAN MENYATAKAN PENSIUN MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL   BPBD: SEBANYAK 9.415 WARGA MENGUNGSI AKIBAT BANJIR BANDANG YANG MELANDA PROVINSI GORONTALO    FORUM REKTOR INDONESIA MINTA PEMERINTAH TANGGUNG BIAYA INTERNET MAHASISWA & DOSEN DALAM PERKULIAHAN DARING   FSGI: PPDB MELALUI ZONASI BINA RW BERPOTENSI MUNCULKAN MASALAH BARU KARENA SEBARAN SEKOLAH TAK MERATA    FEDERASI SERIKAT GURU INDONESIA (FSGI) KRITIK PPDB JAKARTA MELALUI JALUR BINA RW YANG DIBUKA HARI INI   PRESIDEN JOKOWI MENGAJAK SELURUH PERGURUAN TINGGI LEBIH AKTIF BEKERJA SAMA DENGAN SEKTOR INDUSTRI   PRESIDEN JOKOWI MINTA SEMUA PERGURUAN TINGGI BERI PERHATIAN BESAR TERHADAP KESEHATAN MENTAL & FISIK MAHASISWA    PRESIDEN JOKOWI OPTIMITIS INDONESIA BISA JADI NEGARA BERPENGHASILAN TINGGI PADA 2045   PRESIDEN JOKOWI APRESIASI KENAIKAN PERINGKAT INDONESIA JADI NEGARA BERPENGHASILAN MENENGAH KE ATAS   WHO MEMINTA NEGARA-NEGARA TAK ABAIKAN DATA COVID-19   WAGUB AHMAD RIZA PATRIA: PEMPROV DKI GENCAR LAKUKAN TES COVID-19 DAN TELAH LAMPAUI STANDAR WHO   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT PENGUNJUNG MAL DI JAKARTA SAAT PSBB TRANSISI HANYA 20 HINGGA 30 PERSEN   PIMPINAN DPR AKAN PANGGIL ANGGOTA KOMISI VII YANG MINTA DILIBATKAN DALAM PENYALURAN DANA CSR BUMN   MERAWAT INGATAN LEWAT CERITA BERSAMA KURATOR CERPEN KOMPAS. DAFTAR WEBINAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID