Kompas TV regional berita daerah

Unik ! Souvenir Bros Karawo Berbahan Dasar Limbah

Kompas.tv - 4 Juni 2020, 15:25 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS TV - Sampah atau sisa - sisa bahan bekas bagi kebanyakan orang tidak akan ada gunanya lagi. Namun berbeda dengan inu rumah tangga warga kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.


Bahan bekas yang dijadikan sampah oleh warga ini dimanfaatkan Nining Mantali untuk diolah kembali menjadi bahan hiasan yang menarik.


Di tempat usaha kecil menengah  ini, Nining mengolah bahan - bahan bekas seperti botol plastic, kain bekas, pelapah pisang hingga limbah  sterofoom, menjadi aksesoris cantik dan unik. salah satunya dibuat broos Karawo.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Sebut Dunia Belum Aman Dari Covid-19


Banyaknya permintaan, membuat kerajinan tangan ini bukan hanya sekedar hobby lagi,  namun dengan hasil kerajinan yang diproduksinya, kini Nining bisa menghasilkan uang yang kemudian bisa menopang kebutuhan keluarga.


Dalam sehari Nining bisa meproduksi 24 buah bros karawo dibantu oleh sejumlah siswa dan ibu rumah tangga, disekitar tempat tinggalnya.
Satu buah Bros dijual dengan harga 15 ribu rupiah hingga 35 ribu rupiah sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatan.


pembuatan bros karawo  yang ditekuni Nining sejak tiga tahun lalu, kerajinan berbahan dasar limbah ini tidak saja dipasarkan di wilayah Provinsi Gorontalo, namun dengan bantuan pemerintah setempat, Bros karawo kini sudah dipasarkan hingga keluar negeri.
seperti pamerkan di negara Chile.

#Bros Karawo  #Limbah  #Gorontalo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.