Kompas TV regional berita daerah

Penjual Nasi Kuning Batal Naik Haji

Kamis, 4 Juni 2020 | 15:17 WIB

KOTAMOBAGU, KOMPAS.TV -  Penjual nasi kuning asal Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, batal naik haji ke tanah suci , dikarenakan adanya putusan pemerintah indonesia tentang pembatalan pemberangkatan calon jamaah haji tahun 2020  karena pandemi covid-19 belum berakhir.
 

Menunaikan ibadah haji ke tanah suci adalah cita cita seluruh umat islam, tidak terkecuali bagi Jaenab Mokodompit, Penjual nasi kuning  warga Kelurahan Mogolaing Kecamatan Kotamobagu Barat Sulawesi Utara.

Sejak tahun 2010 dirinya berkeinginan besar dapat menunaikan ibadah haji. Saat itu juga Jaenab mulai menabung dengan menyisihkan sebagian hasil penjualan nasi kuning. Di tahun 2013 Jjaenab  mendaftar haji dan akhirnya  di tahun ini  sudah masuk dalam daftar calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci.

Namun sayang, impian bisa menunaikan ibadah haji,  buyar setelah pemerintah lewat kementerian agama, memutuskan untuk menunda ibadah haji tahun ini,  karena pandemi covid-19 belum berakhir. Padahal Jaenab sudah melunasi seluruh biaya haji, termasuk kesiapan perlengkapan selama mengikuti ibadah haji nanti.

“saya sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk ibadah haji nanti. Harapan besar bisa menginjakan kaki ke tanah suci akhirnya buyar karena ditunda. Meski demikian saya akhirnya paham karena kondisi pandemi Covid-19 saya dan calon jemaah lainnya belum bisa berangkat”

Kepala seksi penyelengara haji dan umroh kantor wilayah Kemenag Kotamobagu,  Ratna Potabuga  mengatakan meski ibadah haji tahun ini ditunda namun peserta tahun ini tetap akan diberangkatkan tahun depan jika kondisi sudah benar-benar pulih.


Pasca pengumuman penundaan ibadah haji, banyak CJH yang mendatangi kantor kemenag untuk menanyakan kepastian penundaan ibadah haji.  Mereka sangat berharap kondisi pandemi covid-19 bisa segera berakhir.
 

#kompastvmanado # #beritadaerah #haji #nasikuning #ratnapotabuga

Editor : KompasTV Manado



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:04
KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN TERUS DORONG PEMBANGUNAN 27 KAWASAN INDUSTRI BARU   KEMENDAG DORONG EKSPOR PRODUK HALAL KE NEGARA YANG TAK TERGABUNG DALAM ORGANISASI KERJA SAMA ISLAM (OKI)   WAPRES MA'RUF AMIN SEBUT PERKEMBANGAN INDUSTRI HALAL HARUS SEIRING DENGAN KEBIJAKAN PRO-UMKM   POLISI TETAPKAN 11 TERSANGKA PERUSAK KANTOR DPD NASDEM MAKASSAR SAAT DEMO TOLAK UU CIPTA KERJA   PRESIDEN JOKOWI: PANDEMI COVID-19 JADI MOMENTUM TRANSFORMASI SISTEM KESEHATAN   GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN SEBUT TRANSAKSI DIGITAL MENINGKAT HINGGA 64 PERSEN SELAMA PSBB   SELAMA PANDEMI, GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN SEBUT 1 JUTA ORANG DI JAKARTA BEKERJA DARI RUMAH   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO SEBUT ADA KEPALA DAERAH SENGAJA TIDAK TES COVID-19 AGAR TETAP DI ZONA HIJAU   CEGAH PENYEBARAN COVID-19, BUPATI LEBAK TUTUP SELURUH LOKASI WISATA SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER   JELANG LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER, PEJABAT SEMENTARA GUBERNUR JAMBI MINTA POS JAGA PERBATASAN DIAKTIFKAN   DISHUB JATENG: POSKO PANTAU AKAN DIDIRIKAN DI EXIT TOL BREBES, GERBANG TOL KALIKANGKUNG, DAN SIMPANG BAWEN-AMBARAWA   ANTISIPASI LONJAKAN PENDATANG SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER, DISHUB JATENG BUAT TIGA POSKO PANTAU   PANTAU WARGA JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN, BUPATI SUMEDANG PASANG CCTV PEMANTAU DI 5 TITIK KERAMAIAN   PANDEMI COVID-19, MENKO POLHUKAM MAHFUD MD TEGASKAN PENANGANAN KESEHATAN DAN EKONOMI HARUS BERSAMAAN