Kompas TV video cerita indonesia

Keren! Warga Inisiatif Bikin Kampung Tangkal Corona

Kompas.tv - 4 Juni 2020, 15:00 WIB
Penulis : Aryo bimo

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Warga Komplek Bumi Sako Damai, Kelurahan Sako, Kecamatan Sako, Palembang, Sumatera Selatan, berinisiatif membentuk Kampung Tangkal Corona. Kampung ini dibentuk dengan mengedepankan protokol kesehatan demi mencegah penularan virus corona.

Setiap warga yang masuk kampung diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun pada fasilitas wastafel yang telah disediakan. Warga juga diwajibkan memakai masker.

Di pintu gerbang perumahan, warga juga membangun alat sterilisasi kendaraan yang menyemprotkan cairan disinfektan secara otomatis. Warga juga didorong untuk memproduksi masker secara mandiri untuk kemudian dibagikan. 

Untuk mengurangi beban ekonomi, lahan kosong dimanfaatkan warga untuk pembibitan ikan dan bercocok tanam. Tumbuhan yang ditanam merupakan varian yang sehari-hari dikonsumsi warga pada umumnya seperti terong, bayam, dan sereh.

Upaya kreatif serupa diharapkan dapat muncul di permukiman lain. Peran aktif masyarakat juga dibutuhkan untuk mencegah penularan Covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.