Kompas TV kuliner cerita rasa

Intip Cara Buat Roti sourdough Yang Menyehatkan

Kompas.tv - 5 Juni 2020, 13:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Makanan sehat perlahan berkembang di masyarakat, produk makanan rendah gula, rendah karbohidrat, tanpa zat kimia dan non gluten muncul mengiringi tarian ini.

Produk makanan artisanal juga ikut dilirik bersamaan dengan tren ini, contohnya roti artisanal yang dinilai lebih sehat dari roti pada umumnya.

Peminatnya pun bertumbuh sejak tahun 2010 di Indonesia. Untuk tahun lebih jauh tentang produk artisanal saya menemui Dewi seorang artisan roti di daerah Depok, Jawa Barat.

Dia memproduksi roti artisan Sourdough dengan label cake studio kami akan membuat roti artisan sawer do dari dasar dari feeding Sourdough.

Roti sourdough terbuat dari adonan yang difermentasi secara alami. Metode fermentasi alami ini melibatkan ragi dan asam laktat yang terbentuk secara alami dari lingkungan tempat adonan awal atau yang biasa disebut starter difermentasi.

Roti dianggap mengandung banyak karbohidrat dan punya indeks glikemik yang tinggi. Roti sourdough telah melalui proses fermentasi yang panjang yang memecah kandungan pati atau tepung di dalamnya yang membuat indeks glikemiknya lebih rendah daripada roti jenis lainnya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x