Kompas TV video cerita indonesia

Rumah Singgah Peduli, Bantu Pasien Ekonomi Lemah

Kompas.tv - 4 Juni 2020, 09:27 WIB
Penulis : Theo Reza

LAMPUNG, KOMPASTV - Belum meratanya fasilitas kesehatan yang layak tak jarang membuat masyarakat dari luar daerah harus menempuh jarak yang jauh hingga ke pusat kota untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Berangkat dari kesulitan inilah sebuah Komunitas Sosial Di Lampung mendirikan rumah singgah di tempat ini para relawan mendampingi pasien dan memberikan fasilitas tempat tinggal sementara bagi pasien rawat jalan yang tidak mampu.

Rumah singgah peduli yang berada di jalan Sam Ratulangi, Penengahan, Kecamatan Kedaton, Bandar Lampung menjadi tempat bagi mereka yang tak mampu secara ekonomi namun membutuhkan pelayanan kesehatan.

Tak hanya menyediakan tempat tinggal sementara bagi pasien dan keluarga, Rumah singgah yang berdiri sejak tahun 2014 ini juga konsisten memberikan edukasi dan mendampingi mereka dalam pengurusan jaminan kesehatan dari pemerintah.

Tak jarang para relawan melakukan jemput bola saat mendapatkan informasi warga yang membutuhkan bantuan.

Hal ini dilakukan agar pelayanan sosial bisa menyentuh masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Untuk kebutuhan sehari-hari bagi para pasien, rumah singgah hanya memanfaatkan bantuan dari donatur dan iuran sebesar 5000 rupiah bagi yang mampu membayar dengan nominal yang sangat terjangkau itu pasien bisa mendapatakan kebutuhan makan tiga kali sehari dan tempat tinggal sementara yang layak.

Meski di tengah pandemi, Rumah singgah tetap membuka pelayanan bagi pasien tak mampu hanya saja saat ini membatasi jumlah pasien tujuannya tentu untuk meminimalisasi pasien yang datang dari luar daerah dan mencegah penyabaran covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.