Kompas TV nasional kompas pagi

Aturan New Normal di Kereta, Penumpang KA Jarak Jauh Wajib Punya Ini

Kamis, 4 Juni 2020 | 08:15 WIB

JAKARTA, KOMAS.TV - PT Kereta Commuter Indonesia, mengeluarkan aturan baru, bagi pengguna kereta rel listrik, KRL, di masa tatanan normal baru.

Aturan baru dikeluarkan oleh PT Kereta Commuter Indonesia, menjelang berakhirnya pembatasan sosial berskala besar, di Jakarta.

Aturan untuk pengguna krl berlaku mulai 8 Juni 2020, untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

Aturan baru bagi penumpang krl di masa new normal di antaranya, penumpang KRL wajib menggunakan masker dan baju lengan panjang, di area stasiun dan di dalam kereta.


Penumpang wajib menjaga jarak fisik, dengan mengikuti marka yang sudah disediakan di area stasiun dan kereta.

Untuk mencegah penularan melalui droplet, penumpang dilarang berbicara langsung ataupun melalui telepon, saat berada di dalam kereta.

Anak berusia lima tahun, untuk sementara dilarang naik KRL, kecuali untuk keperluan sangat mendesak.

Pedagang dan lansia diberi waktu khusus naik krl di luar jam sibuk. Pukul 10 hingga 14. 

Dan pengguna KRL dianjurkan menggunakan transaksi non-tunai, untuk mencegah penularan Covid-19. 

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meninjau kesiapan stasiun kereta api bandung jelang masa new normal

Calon penumpang juga disidak, untuk memastikan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Ridwan Kamil meminta PT KAI mengutamakan perjalanan kereta api lokal, karena secara umum tidak ada zona hitam atau merah Covid-19 di Jawa Barat.

Peraturan lebih ketat diberlakukan bagi perjalanan kereta luar jawa barat, penumpang wajib menunjukkan surat tugas, dan surat keterangan negatif Covid-19 berbasis rapid test, atau Swab. 

Penerapan kebiasaan baru di stasiun akan dievaluasi melalui sampel rapid test. 

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


KOMPAS SPORT

PT LIB Rubah Jadwal Kompetisi Liga 1

Senin, 28 September 2020 | 06:45 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
07:29
TAK ADA PENAMBAHAN TPS, KPU TANGSEL GILIR JADWAL KEDATANGAN PEMILIH UNTUK HINDARI KERUMUNAN    KPU TANGERANG SELATAN TAK BERENCANA TAMBAH JUMLAH TPS PADA PILKADA 2020   MENKO PMK SEBUT SAAT INI PEMERINTAH MULAI UBAH STRATEGI PEMBANGUNAN KESEHATAN   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MINTA IDI LINDUNGI PARA DOKTER YANG TANGANI COVID-19   KLHK PERKIRAKAN PEMULIHAN LAHAN KRITIS DI INDONESIA BUTUH 60 TAHUN   PEMPROV JATIM TEGASKAN PILKADA SERENTAK UTAMAKAN PROTOKOL KESEHATAN   PEMPROV DKI SIAPKAN SISTEM PENGELOLAAN AIR LIMBAH DOMESTIK TERPUSAT SKALA PERKOTAAN DAN PERMUKIMAN   MENAKER IDA FAUZIAH: KUNCI SUKSES DI REVOLUSI 4.0 ADALAH ADAPTIF DAN INOVATIF PADA PERUBAHAN   PANDEMI KORONA, MENTERI PPPA SUSUN PROTOKOL KHUSUS CEGAH MUNCULNYA KLASTER KELUARGA   PANDEMI KORONA, MENTERI PPPA MINTA ORANG TUA SELALU BERSIHKAN DIRI SAAT TIBA DI RUMAH    KEMENTERIAN PERDAGANGAN DUKUNG PENATAAN EKOSISTEM LOGISTIK NASIONAL   KEMENPERIN PASTIKAN INDUSTRI TERAPKAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN LIMBAH DENGAN BAIK    KEMENPERIN SIAP EVALUASI KEBIJAKAN INDUSTRI DI TENGAH PANDEMI COVID-19    KETUA PELAKSANA KOMITE COVID-19 ERICK THOHIR: PROGRAM BANTUAN KUOTA INTERNET UNTUK JAGA KUALITAS SDM