Kompas TV religi beranda islami

Amalan Guna Meningkatkan Iman - Kalam Hati

Kompas.tv - 3 Juni 2020, 23:09 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Sebagaimana kita tahu bahwa keimanan seseorang dapat bertambah dan juga bisa berkurang.

Imam Ibnu Quddamah al-Maqdisi dalam kitab Lum'at al-I'tiqad menjelaskan, iman adalah ucapan lisan, perbuatan anggota badan dan keyakinan hati.

Iman akan bertambah kuat dengan ketaatan kepada Allah subhanahu wa ta'ala dan akan berkurang dengan berbuat maksiat.  

Perlunya pemahaman bahwa menyukai perkara yang baik, mencintai ketaatan, juga keinginan iman bertambah adalah juga dambaan setiap orang yang benar keimanannya.

Dan suka keimanan merupakan anugerah dari Allah Ta’ala untuk hamba yang disayangi-Nya. Oleh karena itu, perbanyaklah  memohon kepada Allah Ta’ala agar Dia menghiasi keimanan dalam hati Anda, sebagaimana dalam firmanNya disebutkan,

wa lakinnallaha habbaba ilaikumul-imana wa zayyanahu fi qulubikum wa karraha ilaikumul-kufra wal-fusuqa wal-'isyan, ula`ika humur-rasyidun

"Tetapi Allah menjadikan kamu "cinta" kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus." (Al-Hujurat Ayat 7)

Namun demikian, tidak cukup seseorang hanya suka imannya bertambah saja, tanpa mau berusaha menambah keimanannya. Jika mau iman naik? Ya lakukan ketaatan kepada Rabb Anda. Seperti disebutkan dalam surahNya

fa mang kana yarju liqa`a rabbihi falya'mal 'amalan salihaw wa la yusyrik bi'ibadati rabbihi ahada

"Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya". (Al-Kahfi Ayat 110)

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.