Kompas TV regional berita daerah

Dinsos Kalsel Bantu Apd Dan Disinfektan Untuk Puskesmas

Kompas.tv - 3 Juni 2020, 19:26 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Bantuan darurat peralatan penanganan covid 19 untuk puskesmas diserahkan kepala dinas sosial provinsi Kalsel Siti Nuriyani pada Rabu siang (3/6/2020) langsung kepada 9 kepala puskesmas di kota Banjarmasin yang menjadi prioritas.

Proses penyerahan dilakukan dengan tetap berupaya melaksanakan protokol kesehatan seperti bermasker menggunakan sarung tangan serta menerapkan jaga jarak.

Bantuan peralatan penanganan covid 19 yang diserahkan merupakan usulan dinas sosial provinsi Kalsel kepada kementerian sosial berupa alat pelindung diri, cairan disinfektan, alat penyemprot disinfektan, sarung tangan medis dan buku sosialisasi Covid 19.

“Bantuan peralatan penanganan covid 19 untuk puskesmas ini semoga dapat membantu dan meringankan beban para tenaga medis yang menjadi garda terdepan penanganan Covid 19 , terima kasih kami untuk seluruh tenaga medis“, ujar kepala  dinas sosial Kalsel Siti Nuriyani.

Empat puskesmas, yakni puskesmas Pekapuran Raya, Sungai Bilu, Pemurus Baru dan Teluk Dalam masing masing mendapatkan bantuan APD sebanyak 250 stell.

Lima puskesmas lain yakni puskesmas Gadang Hanyar, Kelayan Timur, Sungai Jingah, Sungai Mesa dan Kelayan Dalam masing masing 200 stell APD.

Sementara masing masing puskesmas mendapatkan 10 liter cairan disinfektan, satu unit alat penyemprot disinfektan, lima kotak sarung tangan medis dan 50 buah  buku sosialisasi covid 19.

Kepala puskesmas Pekapuran Raya Maswan mengakui bantuan ini sangat diharapkan apalagi saat ini kawasan Pekapuran Raya tercatat sebagai daerah dengan jumlah kasus Covid 19 tertinggi di Banjarmasin mencapai 102 kasus dan 44 positif.

Rasa senang mendapat bantuan untuk tim medisnya ini tergambar dari suaranya yang sempat beberapa saat bergetar dan terbata mengungkapkan rasa syukurnya.

“Kami sangat senang, atas bantuan dari dinas Sosial pemerintah provinsi Kalsel ini karena peralatan kami terbatas kami sangat berterima kasih“, ucap Maswan.

Maswan juga menjelaskan pihaknya terus melakukan upaya penanganan Covid 19 di wilayahnya termasuk melalui rapid test yang juga dilakukan pada petugas medisnya.

Sampai saat ini menurut Maswan seluruh petugas di puskesmas Pekapuran Raya non reaktif dalam hasil rapid tes.

Besarnya nilai bantuan berkisar masing masing  45 juta rupiah untuk lima puskesmas dan masing masing  55 juta rupiah pada empat lainnya.

Pihak dinas sosial mengakui bantuan sementara diprioritas untuk 9 puskesmas  di Banjarmasin dalam penanganan Covid 19 yang data kasusnya tinggi.

Bantuan berikutnya masih diupayakan baik untuk penambahan daerah yang telah menerima kali ini atau daerah lain yang belum menerima.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x