Kompas TV regional berita daerah

Ketersediaan Kantong Darah Menipis

Kompas.tv - 3 Juni 2020, 19:24 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV – Ketersediaan kantong darah di kantor Palang Merah Indonesia Kabupaten Blitar terus menipis. Hal ini terjadi sejak mewabahnya virus corona beberapa bulan terkahir.

Bahkan, saat ini ketersediaan kantong darah untuk golongan AB telah habis. Habisnya stok darah terjadi akibat sedikitnya jumlah pendonor di tengah wabah corona.

Dari data PMI Kabupaten Blitar, saat ini hanya terdapat 30 kantong darah dari golongan A, B, dan O. Diperkirakan ketersediaan kantong darah tersebut, hanya mampu mencukupi satu rumah sakit untuk 2 hari.

Dinas kesehatan Kabupaten Blitar menyebutkan sejak pandemic corona, rata-rata ketersediaan kantong darah berkurang hingga 40 persen setiap bulannya Pemandangan tersebut sangat bertolak belakang dengan kebutuhan darah di Kabupaten Blitar. Kabupaten Blitar sendiri memiliki kebutuhan darah sebanyak 70 kantong setiap minggu.

PMI Kabupaten Blitar mengimbau agar warga tidak takut untuk berdonor darah, karena pelaksanaannya tetap menggunakan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

#blitar #pmi #donor #corona #covid19 #beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x