Kompas TV regional berita daerah

Ini Loh Cara Pengolahan Gula Aren

Kompas.tv - 3 Juni 2020, 17:43 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV – Proses pembuatan gula aren ini berawal dari hasil panen nira. Proses awal, air nira direbus selama tiga jam diatas tungku tradisional. Setelah nira berubah menjadi kental dan kemerahan barulah adonan itu di letakan ke dalam sebuah cetakan yang telah disiapkan berbentuk bulat.

Saya sempat menyaksikan langsung proses pengambilan nira hingga menghasilkan gula aren yang berkualitas hasil olahan tradisional warga Kemiling, Bandar Lampung.

Meski proses pengolahan yang memakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, namun harga jual gula aren perbuahnya hanya dihargai 2500 rupiah tak sebanding dengan usaha yang dilakukan.

Di tengah keterbatasan, sejumlah kendala kadang ditemukan, seperti harus sedikitnya pembeli dan minimnya akses untuk memasarkan gula aren di tengah sejumlah produk olahan modern yang ada di pasar-pasar swalayan.

Selain itu, kendala lainnya yang kerap ditemukan seperti kondisi medan dan lokasi yang sulit di jangkau serta keberadaan hewan buas kerap menghantui dan merusak peralatan panen nira.

#Gulaaren #Pohonaren #Tradisional #BandarLampung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x