Kompas TV regional berita daerah

Gagal Berangkat Haji Setelah 8 Tahun Menabung, Pria di Lebak Banten Pasrah

Kompas.tv - 3 Juni 2020, 14:35 WIB
gagal-berangkat-haji-setelah-8-tahun-menabung-pria-di-lebak-banten-pasrah
Beberapa orang lelaki dan wanita tengah berdoa di Arafah pada musim haji lalu (gambar ilustrasi) (Sumber: agung pribadi)
Penulis : Idham Saputra

LEBAK, KOMPAS.TV - Impian Abdul Basit untuk menunaikan ibadah haji tahun ini batal setelah Kementerian Agama menerbitkan Surat Keputusan Menteri Agama No. 494 Tahun 2020 tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaran Ibadah haji tahun 1441 Hijriyah.

Baca Juga: Resmi! Pemerintah Tidak Berangkatkan Jemaah Haji Tahun 2020

Abdul Basit, warga Kampung Gajrug, Desa Sipayung, Kecamatan Cipanas, Lebak, Banten terpaksa harus menahan kembali kerinduannya untuk bertamu ke rumah Allah menunaikan ibadah haji tahun ini bersama umat Islam lainnya. 

Delapan tahun dirinya menabung dan menanti giliran untuk bisa berangkat menunaikan ibadah haji.   

Rencananya tahun ini dirinya bersama dengan 844 calon jemaah haji lainnya asal Kabupaten Lebak akan berangkat menunaikan ibadah haji.   

Akan tetapi batal setelah pemerintah Arab Saudi tidak membuka akses untuk perjalanan ibadah haji akibat dari pandemi global virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Keberangkatan Haji 2020 Dibatalkan, Pemerintah Pastikan Dana Calon Jemaah Haji Aman

Menurut Abdul Basit, rasa kecewa pasti ada, akan tetapi dirinya hanya bisa pasrah, karena ini keputusan pemerintah dan ketetapan Allah. 

Apalagi langkah ini diambil untuk menjaga keselamatan umat dari pandemi covid-19.

Dirinya berharap penundaan ini tidak berlangsung lama dan tahun depan dirinya bersama dengan muslim lainnya dapat berangkat mengobati kerinduan menunaikan ibadah haji. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.