Kompas TV kuliner cerita rasa

Sayur Khas Betawi Artefak Sejarah

Kompas.tv - 4 Juni 2020, 13:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketupat Laksa disebut juga dengan artefak sejarah. Karena hidangan ini pernah disebut secara bersamaan pada tahun 1450an dalam kitab undang-undang malaka.

Di sanalah kata laksa pertama kali disebut dan orang biasa memakannya bersama ketupat. Ketupat juga disebut sebagai barang purba yang muncul pada tradisi pra Islam.

Pada masa itu digunakan sebagai sesaji pada upacara jelang dan akhir musim panen, sebagai simbol harapan agar mendapatkan keberkahan.

Dalam tradisi umat Islam para wali memperkenalkan ketupat ketika Maulid Nabi, lebaran dan perayaan bulan awal. Dalam 100 gram ketupat terkandung 160 kalori 2,42 gram lemak 30,36 gram karbohidrat dan 3,27 gram protein.

Sama artinya ketupat mengandung 14% lemak 8% protein dan 78 karbohidrat. Itulah mengapa ketupat juga bersifat mengenyangkan, jika ketupat disajikan bersama opor ayam kandungan gizinya menjadi lengkap.

Karena kadar gizi dari opor ayam sendiri sangat seimbang yakni 47% lemak dan 40% protein, dan jika ditambahkan ketupat akan melengkapi.

Alamat: Jl. Assirot No.1, RT.1/RW.3, Sukabumi Sel., Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11560 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x