Kompas TV kuliner cerita rasa

Ketupat Hidangan Asia Tenggara

Kompas.tv - 3 Juni 2020, 13:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Merupakan hidangan khas Asia Tenggara selain Indonesia, ketupat biasa juga ditemui di negara lainnya seperti Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura. Di Filipina makanan dengan bentuk seperti ini disebut dengan Patupat bedanya, di sana digunakan beras ketan sebagai isiannya.

Di Jepang makanan ini disebut dengan chimaki sementara di Tiongkok disebut dengan zongie. Bedanya 2 negara ini menggunakan daun bambu sebagai bahan anyaman nya.

Di Indonesia ketupat dijadikan sebagai pengganti nasi pada aneka jenis masakan, antara lain coto, makassar, lotek, Ketoprak dan laksa.

Salah satu hidangan legendaris yang menggunakan ketupat sebagai pelengkap nya adalah laksa Betawi Asirot. Terletak di kawasan Kebayoran Jakarta Selatan, sekalian saya bikin janji bertemu dengan salah seorang sejarahwan sahabat saya.

Di tempat ini terdapat dua makanan dengan bahan ketupat, sayur laksa dan sayur sambal godok. Yuk kita intip bagaimana cara membuatnya.

Alamat: Jl. Assirot No.1, RT.1/RW.3, Sukabumi Sel., Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11560 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x