Kompas TV nasional berita kompas tv

Seperti Ini Panduan Protokol Kesehatan New Normal di Sekolah

Rabu, 3 Juni 2020 | 08:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menyebut panduan new normal di bidang pendidikan masih dibahas oleh kementerian terkait.

Muhadjir menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo meminta agar tidak terburu-buru menentukan panduan new normal yang akan diterapkan di sekolah.

Menko PMK, Muhadjir Effendy menyebut pemerintah masih membahas panduan maupun aturan tatanan normal baru, yang nantinya diterapkan kepada pelajar.

Baca Juga: Tak Ingin Korbankan Anak-anak, Ridwan Kamil Berencana Buka Kembali Sekolah Januari 2021

Aturan new normal akan mengedepankan protokol kesehatan sebagai upaya untuk mencegah sebaran virus Corona, sehingga siswa bisa belajar dan terhindar dari Covid-19.

Pemerintah tak ingin terburu - buru menentukan panduan tatanan normal baru di bidang pendidikan, namun diperlukan kajian dan diskusi agar penerapan new normal berjalan dengan baik.

Sementara itu di Solo, Jawa Tengah, sejumlah sekolah menengah pertama telah menyiapkan skenario tatanan normal baru yang bisa diterapkan saat dimulainya tahun ajaran baru.

Seperti di SMP Negeri 4 Solo, pihak sekolah menyusun bangku dan meja yang berjarak, nantinya setiap kelas akan diisi maksimal 25 siswa.

Baca Juga: Kota Tangerang Selatan Perpanjang PSBB Hingga 14 Juni, Setelahnya Kegiatan Persekolahan Akan Dibuka

Selain itu akan diterapkan protokol kesehatan lain seperti cuci tangan, hingga pemeriksaan suhu tubuh.

Meski demikian Pemerintahan Solo mengusulkan agar tahun ajaran baru nanti akan dimulai bulan Januari 2021.

Sementara di Kediri, Jawa Timur, sekolah menengah pertama telah menyiapkan skenario tatanan normal baru.

Menurut rencana, setiap siswa akan masuk seminggu penuh pada pekan pertama dan belajar di rumah pada pekan kedua.

Setiap kelas maksimal diisi oleh 15 siswa.

Baca Juga: 80% Orang Tua Menolak Sekolah Buka di Tengah Pandemi

Selama proses pembelajaran akan diterapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan selalu mencuci tangah.

Meski demikian Dinas Pendidikan Kediri masih menunggu panduan tatanan normal baru dari Kemendikbud.
 

Editor : Merlion Gusti



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:50
KEMENKOP DAN UKM GENCARKAN PELATIHAN DI DAERAH PUSAT LAHIRNYA WIRAUSAHA MUDA   DUKUNG KETAHANAN PANGAN BERBASIS MASYARAKAT PESANTREN, DOMPET DHUAFA SIAPKAN 1.000 HEKTAR SAWAH IRIGASI   ERICK THOHIR HARAP IMUNISASI MASSAL VAKSIN COVID-19 BISA DILAKSANAKAN MULAI FEBRUARI 2021   DUKUNG PEMULIHAN EKONOMI, MENTERI BUMN ERICK THOHIR DORONG PROGRAM DIGITALISASI RANTAI PASOK LOGISTIS   PT PUPUK INDONESIA SIAPKAN 775.704 TON PUPUK NONSUBSIDI UNTUK PENUHI KEBUTUHAN PETANI   ADA SEKOLAH YANG GELAR BELAJAR TATAP MUKA, GUBERNUR JATENG: KALAU BELUM IZIN, SAYA TUTUP   PT BIO FARMA PERKIRAKAN VAKSIN COVID-19 DIPRODUKSI FEBRUARI ATAU MARET 2021    PT BIO FARMA TARGETKAN 1.620 RELAWAN DISUNTIK VAKSIN COVID-19 HINGGA DESEMBER 2020   POLISI: ADA SEORANG SAKSI MENGAKU SEMPAT BERBICARA DENGAN PENEMBAK PENGUSAHA   POLISI TELAH PERIKSA 10 SAKSI TERKAIT PENEMBAKAN SEORANG PENGUSAHA DI ROYAL GADING SQUARE, JAKARTA UTARA   KEMENTERIAN PERDAGANGAN DORONG EKSPOR KOPI INDONESIA KE MEKSIKO   WEBINAR RISET PRAKTIS: SEBUAH PENGANTAR UNTUK KEPUTUSAN STRATEGIS. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   DONASI BAGI SENIMAN BISA DISALURKAN KE YAYASAN DANA KEMANUSIAAN KOMPAS: 211144228 (BNI) ATAU 0123021433 (BCA)   DONASI 100 HARI KEPERGIAN DIDI KEMPOT MASIH DIBUKA. MARI BANTU SENIMAN YANG TERDAMPAK COVID-19 AGAR TETAP BERTAHAN