Kompas TV kuliner cerita rasa

Kompilasi Serba Ikan, Review Masakan Ikan Berbagai Daerah

Sabtu, 13 Juni 2020 | 13:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV –Ikan manyung adalah ikan dari kerabat ikan berkumis layaknya lele atau patin. Kumis sebagai penciri utama bukanlah aksesoris, tetapi sebagai indera peraba karena ikan ini hidup didasar dan perairan yang keruh. Ikan manyung sepertinya memang lebih terkenal versi yang sudah diasinkan, yakni ikan asin jambal roti.

Ikan manyung juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. ikan manyung bisa dimanfaatkan sebagai salah satu sumber protein hewani yang bagus untuk pengidap kolesterol karena kandungan lemak baiknya (HDL) lebih tinggi daripada lemak jahatnya (LDL).

Ikan Mujair merupakan jenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi dengan cara dibakar atau digoreng terlebih dahulu. Kini penyebaran ikan ini sudah sampai ke pelosok Nusantara, termasuk ke Pulau Bali.

Ikan Mujair atau dalam Bahasa Bali dikenal dengan nama Be Jair banyak ditemukan di daerah Kintamani khususnya di Danau Batur.  Dalam bahasa Bali diolah dengan teknik masak nyat-nyat yang artinya mengurangi kadar air dalam masakan.

Di Jakarta kita juga mendapat olahan ikan segar dan lezat satu tempat yang menjadi favorit saya adalah ikan bakar Pak Tarjo di Jakarta Selatan Tepatnya di Jalan Tentara Pelajar Nomor 22.

Menurut Pak Tarjo ikan yang segar tidak hanya dilihat dari matanya saja tetapi juga insangnya ikan segar insang yang berwarna merah dan masih memiliki darah yang banyak.  

Editor : Krisna Aditomo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:48
PEMPROV RIAU CABUT STATUS SIAGA DARURAT KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN YANG BERLANGSUNG SELAMA 9 BULAN    MENTERI LHK SITI NURBAYA APRESIASI SATGAS KARHUTLA YANG BERHASIL MENEKAN ANGKA KEBAKARAN SAAT PANDEMI COVID-19   GUBERNUR JATIM KHOFIFAH INDAR PARAWANSA IMBAU LANSIA DAN PEMILIK PENYAKIT KOMORBID DI RUMAH SAJA SAAT LIBUR PANJANG   MAJELIS HAKIM TOLAK EKSEPSI TERDAKWA DJOKO TJANDRA DALAM KASUS SURAT JALAN PALSU   WALI KOTA SURABAYA TRI RISMAHARINI IMBAU WARGANYA TIDAK BEPERGIAN KE LUAR KOTA SELAMA LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER   HARI INI, PT KAI MEMBERANGKATKAN 9.374 PENUMPANG DARI STASIUN GAMBIR, STASIUN PASAR SENEN, DAN STASIUN JAKARTA KOTA   KPK MINTA PIHAK ISTANA LAPORKAN PENERIMAAN GRATIFIKASI SEPEDA LIPAT JIKA ITU DITUJUKAN KE PRESIDEN JOKOWI   ANTISIPASI LA NINA DI INDONESIA, WALI KOTA SOLO FX RUDYATMO IMBAU WARGANYA TIDAK BERTEDUH DI BAWAH POHON TUA   LUNCURKAN E-VISA, MENKUMHAM YASONNA LAOLY: INDONESIA SIAP JADI TUJUAN INVESTASI   KEMENKUMHAM LUNCURKAN APLIKASI VISA "ONLINE" ATAU E-VISA BAGI WARGA NEGARA ASING YANG HENDAK MASUK KE INDONESIA   JELANG LIBUR PANJANG, JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 IMBAU MASYARAKAT BERAKTIVITAS DI RUMAH    HINGGA 27 OKTOBER 2020, PEMERINTAH PERIKSA 4.388.995 SPESIMEN COVID-19   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT 4.576 PASIEN KORONA SEMBUH DAN 101 ORANG MENINGGAL PADA 27 OKTOBER 2020   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT ADA 3.520 KASUS BARU COVID-19 HARI INI