Kompas TV kuliner cerita rasa

Kompilasi Serba Ikan, Review Masakan Ikan Berbagai Daerah

Kompas.tv - 13 Juni 2020, 13:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV –Ikan manyung adalah ikan dari kerabat ikan berkumis layaknya lele atau patin. Kumis sebagai penciri utama bukanlah aksesoris, tetapi sebagai indera peraba karena ikan ini hidup didasar dan perairan yang keruh. Ikan manyung sepertinya memang lebih terkenal versi yang sudah diasinkan, yakni ikan asin jambal roti.

Ikan manyung juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. ikan manyung bisa dimanfaatkan sebagai salah satu sumber protein hewani yang bagus untuk pengidap kolesterol karena kandungan lemak baiknya (HDL) lebih tinggi daripada lemak jahatnya (LDL).

Ikan Mujair merupakan jenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi dengan cara dibakar atau digoreng terlebih dahulu. Kini penyebaran ikan ini sudah sampai ke pelosok Nusantara, termasuk ke Pulau Bali.

Ikan Mujair atau dalam Bahasa Bali dikenal dengan nama Be Jair banyak ditemukan di daerah Kintamani khususnya di Danau Batur.  Dalam bahasa Bali diolah dengan teknik masak nyat-nyat yang artinya mengurangi kadar air dalam masakan.

Di Jakarta kita juga mendapat olahan ikan segar dan lezat satu tempat yang menjadi favorit saya adalah ikan bakar Pak Tarjo di Jakarta Selatan Tepatnya di Jalan Tentara Pelajar Nomor 22.

Menurut Pak Tarjo ikan yang segar tidak hanya dilihat dari matanya saja tetapi juga insangnya ikan segar insang yang berwarna merah dan masih memiliki darah yang banyak.  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.