Kompas TV kuliner cerita rasa

Pindang Ikan Belida, 1 kilo Rp 150.000!

Minggu, 14 Juni 2020 | 13:01 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Saat berkunjung ke Palembang Sumatera Selatan jangan lupakan sajian ikan sungai yang sudah mengakar di kota ini. Tidak hanya itu, ikan sungai diolah menjadi beragam makanan sebut saja pempek, laksan, celimpungan, dan yang akan berubah sekarang pindang.

Pindang di Palembang bukan sajian ikan yang digarami dan dibumbui agar tahan lebih lama. Pindang Palembang merupakan sajian ikan berkuah dengan cita rasa pedas asam, variannya beragam tergantung bahan baku atau bumbu didalamnya.

Pindang khas Sumatera Selatan sebenarnya bermacam-macam menurut daerah asalnya, ada 5 daerah utama asal pindang pindang pegagan. Pindang meranjat, pindang Palembang, pindang Musi Rawas, dan pindang Sekayu yang biasa disebut pindang kuyung.

Pindang kuyung punya ciri khas paling beda yakni kuah yang lebih gelap karena adanya campuran kecap di dalamnya. Dari sekian banyak jenis pindang, pindang belida adalah favoritnya dagingnya lembut dan gurih ikan ini mulai langka akibat eksploitasi berlebih dan sulit untuk dibudidayakan.

Alamat: 

Jl. Lematang No.362, 15 Ilir, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111 

Penulis : Krisna Aditomo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:14
PEMPROV DAN DPRD JABAR MENYETUJUI 3 CALON DAERAH PERSIAPAN OTONOM BARU UNTUK DIAJUKAN KE PEMERINTAH PUSAT   BAWASLU AKAN AWASI PROSES PEMILIHAN PILKADA 2020 UNTUK PASIEN KORONA   BAWASLU: ADA 2.126 PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM 2 BULAN TERAKHIR MASA KAMPANYE PILKADA 2020   BAWASLU: DALAM 60 HARI, ADA 91.640 KEGIATAN KAMPANYE TATAP MUKA   POLRI KIRIM 3.100 PERSONEL BRIMOB NUSANTARA KE 8 WILAYAH UNTUK AMANKAN PILKADA 2020   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA TNI DAN POLRI KERJA SAMA DALAM PENGAMANAN PILKADA 2020   KEMENTERIAN ESDM MENYATAKAN TARIF LISTRIK UNTUK JANUARI-MARET 2021 TIDAK NAIK   KEMENAG: TAMBAHAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH RP 889 M UNTUK MADRASAH CAIR SEBELUM 20 DESEMBER 2020   PENGAMBILAN RAPOR MURID MAN 22 PALMERAH, JAKARTA, TERTUNDA LANTARAN 30 KARYAWAN DAN GURU POSITIF KORONA   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA MERUPAKAN PRODUSEN KOPI TERBESAR KEEMPAT DI DUNIA SETELAH BRASIL, VIETNAM, DAN KOLOMBIA   PRESIDEN JOKOWI MELEPAS EKSPOR PRODUK RI KE PASAR GLOBAL SENILAI RP 23,7 TRILIUN   PRESIDEN JOKOWI: MASIH BANYAK POTENSI PASAR EKSPOR YANG BELUM TERGARAP   PRESIDEN JOKOWI AKUI EKSPOR INDONESIA MASIH TERTINGGAL DARI VIETNAM   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA TERTINGGAL DARI NEGARA LAIN DALAM MENANGKAP PELUANG EKSPOR BAHAN & PRODUKSI DALAM NEGERI