Kompas TV regional berita daerah

Tes Cepat Molekuler Deteksi Covid-19

Kompas.tv - 2 Juni 2020, 17:35 WIB
Penulis : KompasTV Surabaya

Jember, Kompas TV Jawa Timur. - Rumah Sakit rujukan untuk pasien Covid-19 di Kabupaten Jember kini telah dilengkapi mesin tes cepat molekuler atau TCM. Dengan alat ini, tim medis dapat mengetahui  pasien terinfeksi Virus Corona  atau tidak,  dalam  waktu 45 menit.

Rumah sakti rujukan tersebut adalah RSUD Dokter Soebandi Jember. Di rumah sakit milik pemerintah ini, pemeriksaan dilakukan di ruang instalasi laboratorium patologi dengan standar Bio Safety. Alat tersebut menggunakan konversi  yakni cartridge yang dihubungkan melalui computer, dengan aplikasi khusus yang didatangkan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Cara kerja alat ini, pertama masukan sampel darah dan cairan pasien ke dalam cartridge khusus, lalu hubungkan cartridge ke media computer dengan aplikasi khusus. Berikutnya adalah analisa selama 45 menit, dan hasilnya langsung dapat diketahui apakah pasien terinfeksi atau steril. Tahapan pemeriksaan menggunakan TCM, hampir sama dengan tes Polymerase Chain Reaction atau PCR, pada penderita Tuberkolisis.

#molekuler #tescepat #pcr #aplikasi #kemenkes 

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR : 

FACEBOOK : https://www.facebook.com/kompastvjatim
INSTAGRAM : https://www.instagram.com/kompastvjatim
TWITTER : https://twitter.com/kompastvjatim



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x