Kompas TV regional berita daerah

Beranjak dari Hobi, Ternak Burung Jadi Peluang Bisnis di Tengah Corona

Selasa, 2 Juni 2020 | 17:16 WIB

KEBUMEN, KOMPAS.TV - Di tengah pandemi covid-19, banyak pemasukan dari mata pencaharian warga terpengaruh. Di antaranya adalah profesi guru honorer.

Namun, ada cara lain untuk bisa menghasilkan uang bagi seorang guru honorer di Kebumen, Jawa Tengah. Yakni, beternak beberapa jenis burung, dan dalam sebulan bisa menghasilkan belasan juta rupiah.

Ibnu Nadziir, merupakan seorang guru honorer di Smp Negeri 3 Kebumen. Semenjak pandemi covid-19, Ibnu tak lagi mendapat pemasukan sebagai guru honorer.

Namun, bermula dari hobinya yang suka memelihara burung, Ibnu kini mulai mengembangkan penangkaran burung, dan menjadikannya potensi bisnis, menarik perhatian para penggemar burung di sejumlah wilayah.

Penangkaran yang diberi nama Sowol Bird Farm ini, kini memilki 20 pasang Burung Perkutut dan 10 pasang Burung Tekukur warna.


Burung Tekukur warna memiliki harga yang stabil, yakni harga jualnya ada di kisaranr Rp 5 juta sampai Rp 10 juta. Sedangkan untuk burung perkutut diberi harga Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu.

Harga tersebut bergantung pada jenis warna dan bunyinya.

Ibnu mengaku, tidak mengalami kesulitan dalam menjual burung hasil ternaknya. untuk jenis perkutut sudah ada pengepulnya, sehingga mereka datang ke penangkaran untuk membeli burung.

Sedangkan Tekukur warna dipasarkan melalui online dan komunitas-komunitas pencinta burung yang tersebar di sejumlah wilayah.
 

Baca Juga: Hobi Masak Saat Pandemi Corona, Bisa Jadi Bisnis Menjanjikan

 

Editor : Fransiska Wijayanti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:52
LEGENDA SEPAK BOLA BRASIL, RONALDINHO, POSITIF TERINFEKSI KORONA   PM BULGARIA BOYKO BORISOV POSITIF TERINFEKSI KORONA   PEMKOT BEKASI SIAPKAN TENDA PENGUNGSIAN BAGI WARGA YANG TERDAMPAK PUTING BELIUNG   BPBD KOTA BEKASI: 176 RUMAH WARGA RUSAK AKIBAT DITERJANG PUTING BELIUNG, 10 DI ANTARANYA RUSAK BERAT   DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI: UJI EMISI GRATIS BAGI KENDARAAN RODA EMPAT BERBAHAN BAKAR BENSIN DAN SOLAR   DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI JAKARTA AKAN MELAKUKAN UJI EMISI GRATIS UNTUK MOBIL PRIBADI MULAI 3 NOVEMBER 2020   BPBD DKI JAKARTA SEBUT ADA POTENSI HUJAN LEBAT DISERTAI PETIR DAN ANGIN KENCANG HINGGA 27 OKTOBER 2020   PT KAI DAOP I JAKARTA INGATKAN PENUMPANG KA JARAK JAUH LAKUKAN TES CEPAT KORONA SEHARI SEBELUM JADWAL KEBERANGKATAN   PT KAI DAOP I JAKARTA: ADA PENINGKATAN LAYANAN TES CEPAT KORONA DI STASIUN GAMBIR DAN PASAR SENEN JELANG LIBUR PANJANG   DITLANTAS POLDA METRO JAYA GELAR OPERASI ZEBRA SELAMA 2 PEKAN KE DEPAN HINGGA 8 NOVEMBER 2020   BESOK, BARESKRIM POLRI PERIKSA 8 TERSANGKA KASUS KEBAKARAN GEDUNG KEJAKSAAN AGUNG   IDI: SEJAK MARET-OKTOBER 2020, 253 TENAGA KESEHATAN MENINGGAL AKIBAT TERINFEKSI KORONA   IDI: LEBIH DARI SATU SEMESTER PANDEMI KORONA, ANGKA KEMATIAN TENAGA KESEHATAN SEMAKIN MENGKHAWATIRKAN   DUA TERDAKWA KASUS JIWASRAYA YANG DITUNTUT PENJARA SEUMUR HIDUP JALANI SIDANG PUTUSAN VONIS DI PN JAKARTA PUSAT