Kompas TV video cerita indonesia

[INFO GRAFIS] Pedoman New Normal untuk Perjalanan Kereta Api

Kompas.tv - 3 Juni 2020, 21:02 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jelang new normal atau tatanan kehidupan normal yang baru, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan pedoman dalam pelayanan angkutan penumpang dan barang.

Pedoman dibuat dengan protokol kesehatan untuk mengurangi kontak fisik dan menerapkan protokol kesehatan.

“Pedoman ini dibuat untuk melindungi pegawai dan pelanggan kami dari kemungkinan terpapar Covid-19 pada masa New Normal,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Joni mengatakan, pedoman tersebut akan diaplikasikan ketika Kereta Api Jarak Jauh Reguler kembali beroperasi. 

Berikut pedoman yang harus dipatuhi jika ingin bepergian dengan kereta api jarak jauh:

  1. Pemesanan tiket hanya dapat dilakukan secara online, yaitu melalui aplikasi KAI Access, web KAI, dan mitra penjualan tiket resmi KAI lainnya. Sedangkan loket hanya difungsikan untuk pembelian go show (tiga jam sebelum jadwal Keberangkatan).
  2. Saat memasuki area stasiun masyarakat diwajibkan untuk memakai masker dan bersuhu tubuh kurang dari 37,3 derajat Celsius.
  3. Pada proses boarding, penumpang harus menunjukkan tiket dan identitas penumpang kepada petugas boarding. Jika sudah diperiksa, maka penumpang melakukan scan tiket secara mandiri.
  4. Selama perjalanan, selain menggunakan masker, penumpang juga diharuskan mengenakan face shield yang disediakan oleh KAI. Face Shield tersebut wajib digunakan penumpang hingga keluar dari area stasiun kedatangan.
  5. Suhu badan penumpang di atas kereta akan dicek tiap 3 jam sekali. Jika ada penumpang yang kedapatan bersuhu badan 37,3 derajat Celsius atau lebih dan mengalami gejala Covid-19, maka penumpang tersebut akan dipindah ke ruang isolasi yang ada di kereta.

Untuk menjamin kebersihan selama perjalanan, petugas  rutin membersihkan objek-objek yang sering terpegang tangan setiap 30 menit sekali secara bergantian. 

Joni mengatakan, petugas frontliner KAI yang berpotensi kontak jarak dekat dengan penumpang dibekali dengan APD berupa masker, sarung tangan, dan face shield.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x