Kompas TV regional berita daerah

Ancaman Meluas di Bukit Manyaran Permai

Kompas.tv - 2 Juni 2020, 12:19 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Longsor yang semakin meluas mengakibatkan sejumlah rumah milik warga di Kawasan Bumi Manyaran Permai, Kota Semarang, terancam ambrol. Sementara warga yang rumahnya dalam kondisi menggantung dan retak, karena bisa membahayakan jiwa, diminta untuk mengosongkan rumahnya.

Hujan yang terjadi Minggu (31/5/2020) memperparah longsor yang ada di Kawasan Perumahan Bumi Manyaran Permai, Kota Semarang. Longsor yang terus menggerus jalan tersebut nyaris mendekati rumah milik warga. Sementara longsor lain juga sudah menggerus pondasi rumah sehingga terpaksa harus dikosongkan demi keselamatan warga.

Warga kini hanya bisa pasrah dan berupaya untuk mengurangi longsoran dengan cara menancapkan beberapa bambu sebagai penyangga. Longsor ini sebenarnya sudah lama terjadi, namun hujan yang terjadi beberapa hari terakhir semakin memperparah kondisi longsoran.

Warga mengaku kuatir karena di tengah pandemi korona justru semua keluarga lebih banyak berada di rumah. Jika hujan deras, mereka mengaku was-was dan selalu waspada untuk menyelamatkan diri. Sementara satu rumah warga yang kini sudah rata dengan tanah adalah rumah milik Ketut Muabo, yang hancur karena longsor satu tahun lalu. Jika kondisi longsor ini di biarkan, maka rumah sekitar akan bernasib sama, ambrol dan rata dengan tanah.

#TanahLongsor #HujanDeras #KotaSemarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x