Kompas TV bisnis bumn

Telah Dibuka, Begini Cara Mendapat Subsidi Listrik PLN untuk Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA

Kompas.tv - 2 Juni 2020, 12:05 WIB
telah-dibuka-begini-cara-mendapat-subsidi-listrik-pln-untuk-pelanggan-900-va-dan-1-300-va
Ilustrasi meteran listrik. (Sumber: (Pixaby))
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Melalui gerakan Light Up Indonesia, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) mengadakan kegiatan untuk meringankan beban masyarakat dengan memberikan bantuan tagihan listrik bagi keluarga prasejahtera.

Pada bulan Juni 2020, bantuan dialokasikan kepada 40.000 penerima donasi listrik. Pendaftaran dibuka sejak kemarin atau 1 Juni hingga 5 Juni 2020.

Founder dan CEO Yayasan Cinta Anak Bangsa, Veronica Colondam, mengatakan kuota pendaftar bulan Juni hampir dua kali lipat dibandingkan Mei.

"Karena kita banyak belajar tentang verifikasi dan kendala teknis yang sempat terjadi di bulan Mei. Kami berharap semoga bulan Juni lebih baik dari bulan lalu," kata Veronica dikutip dari Kompas.com, Senin (1/6/2020).

Baca Juga: Sebagian Jawa Tengah dan Yogyakarta Mati Listrik, PLN Angkat Bicara

Ia menambahkan, jumlah penerima donasi di bulan Mei sebanyak 18.300 rekening. Jumlah ini lebih banyak enam kali lipat dari bulan sebelumnya. Di bulan April, penerima donasi sebanyak 2.197 rekening.

"Terdiri dari ibu pengusaha ultra mikro binaan YCAB sebanyak 6.104 dan masyarakat unum yang mendaftar di lightup.id sebanyak 14.393," ujar dia. 

Veronica menjelaskan, program ini dilakukan karena kepedulian terhadap kondisi golongan masyarakat yang perekonomiannya terpuruk akibat dampak pandemi Covid-19.

Menurutnya, banyak masyarakat kehilangan pekerjaannya, tapi masih harus memenuhi kebutuhan sehari-hari salah satunya membayar tagihan listrik.

"Melalui gerakan Light Up Indonesia, kami berupaya membangun ketahanan ekonomi keluarga prasejahtera dan memberikan harapan di tengah kegelapan,” kata Veronica. 

Baca Juga: Token Listrik Gratis dari PLN Sudah Bisa Diakses, Begini Caranya

“Dengan adanya bantuan ini, pemasukan yang mereka dapatkan bisa dialokasikan untuk membeli sembako dan kebutuhan lainnya untuk pencegahan Covid-19."



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.