Kompas TV regional berita daerah

Es Dawet Suronatan, Segarnya melegenda

Kompas.tv - 1 Juni 2020, 18:45 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS TV - es dawet memang bisa dijumpai dimana saja, namun es dawet yang satu ini cukup berbeda dengan dawet pada umumnya karena campuran bubur sumsum. Dawet suronatan namanya, dawet yang melegenda di kota Madiun, Jawa Timur.

Es dawet suronatan, menjadi pilihan yang tepat untuk obat dagaha anda, jika anda sedang berada di kota Madiun, jangan lewatkan untuk singgah di depot es dawet suronatan khas kota Kharismatik Madiun ini.

Disebut es dawet suronatan, lantaran minuman tradisional ini pertama kali buka di kampung bernama Suronatan. anda bisa menjumpainya di jl.Merbabu kota Madiun, sebelah barat alun-alun kota Madiun.

Es dawet suronatan ini berbeda  dengan es dawet pada umumnya, terlihat dari isianya yang beragam. Dalam satu mangkuk es dawet ini berisikan cendol, tape singkong,bubur ketan hitam, bubur sumsum, serta disiram dengan kuah santan dan air gula jawa. Tak lupa tambahan es batu untuk menambah kesegaran.

Dari tampilanya,  begitu dicicipi rasa nya memang nikmat, perpaduan rasa dari beragam  isian didalamnya. Dipadu dengan segarnya kuah santan dan gula jawa yang dingin. Dijamin membuat ketagihan siapapun yang menyantapnya.

Depot es dawet suronatan telah berdiri sejak tahun 1962. di buat dengan resep warisan keluarga, es dawet suronatan tetap eksis hingga sekarang. Meski saat ini dikelola oleh generasi ketiga, kenikmatan es dawet suronatan ini tak pernah pudar.

Depot es dawet suronatan tak pernah sepi pembeli, tak jarang warga dari luar kota pun datang ke kota Madiun hanya untuk menyeruput kesegaran es dawet suronatan ini.

Semangkuk es dawet ini  bisa anda nikmati hanya dengan sembilan ribu rupiah saja. Selain itu, meski andalannya adalah es dawet suronatan, namun disini juga menyediakan berbagai olahan masakan tradisional seperti; garang asem, rawon, soto .

 

#beritamadiun

#kulinermadiun

#cendol

#dawet

#cendoldawet

#kulinernusantara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x