Kompas TV regional berita daerah

Wajib Lakukan Ini Saat Pengembunan Lovebird

Kompas.tv - 1 Juni 2020, 13:58 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV – Tak bisa dipungkiri, burung lovebird saat ini menjadi idola para kicau mania. Selain memiliki warna menarik, lovebird juga mempunyai kicauan atau ngekek yang indah. Sehingga, tidak sedikit para kicau mania yang memelihara lovebird untuk mengikuti perlombaan.

Untuk mendapatkan ngekek yang indah, para kicau mania tentu saja merawat lovebird kesayangannya sedemikian rupa. Sehingga, bila saat digantang (lomba), lovebird dapat tampil maksimal dan mengharumkan nama sang pemilikinya.

Banyak rawatan yang dilakukan kicau mania agar lovebird peliharaannya bisa ngekek panjang. Mulai dari rupa makanan, asupan vitamin, hingga cara memandikannya. Semua kicau mania tentu saja memiliki cara sendiri-sendiri, karena memang setiap lovebird memiliki karakter yang berbeda.

Namun ada satu hal yang pasti dilakukan oleh semua kicau mania, dalam perawatan lovebird. Yakni terapi pengembunan pagi hari. Terapi ini diyakini mampu menambah durasi ngekek lovebird, dan membuat mental lovebird meningkat.

Terapi embun memang sangat bagus untuk burung kicauan. Karena saat pagi hari, udara yang segar dan belum tercampur polusi, sangat baik untuk pernafasan burung. Selain itu, saat menjalani terapi pengembunan pagi hari, lovebird akan merasa seakan berada di habitatnya sehingga naluri alamnya dapat terpacu dalam bentuk ngekek.

Selama menjalani proses pengembunan, biasanya yang dilakukan para kicau mania adalah melepas pakan dari dalam sangkar burung. Tujuannya adalah agar burung fokus menikmati udara segar terlebih dahulu, sebelum terisi asupan makanan.

#kediri #lovebird #kicaumania #terapi #embun #beritakediri 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x