Kompas TV regional berita daerah

Sejarah Masjid Cipaganti

Kompas.tv - 1 Juni 2020, 13:08 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG,KOMPAS.TV - 

Masjid besar cipaganti memang tak seterkenal masjid raya bandung atau masjid besar lainnya. Namun masjid besar cipaganti merupakan masjid pertama yang ada di wilayah bandung utara.

 

Masjid besar cipaganti, awal mulanya bernama masjid kaum cipaganti  masjid ini merupakan masjid pertama yang dibangun di wilayah bandung utara. Ide pembangunan masjid ini muncul,ketika pada saat itu belum ada tempat beribadah yang representatif di wilayah bandung utara. 

 

Tanggal 7 februari 1933  atau pada 11 syawal 1351 hijriah , menjadi awal pendirian masjid ini dengan dilakukannya peletakan batu pertama oleh bupati bandung  raden tumenggung hasan sumadipraja  dan setahun kemudian ,pada 27 januari 1934 , masjid ini diresmikan .

Bangunan masjid cipaganti dirancang oleh seorang arsitek asal belanda , yaitu wolff schoemaker .Bangunan masjid ini bergaya eropa dan jawa  serta memadukan unsur modern dan tradisional . 

Hingga saat ini  bangunan asli dari masjid tetap dipertahankan karena memang termasuk cagar budaya  bahkan  tempat untuk mengumandangkan adzan pertama kalinya yang terletak di menara masjid masih bisa dikunjungi.

Sejak awal pembangunannya  banyak umat muslin menjadikan masjid ini sebagai pusat penyebaran  dan pusat studi islam di kawasan bandung utara .

hingga saat ini  masjid besar cipaganti  masih sering digunakan sebagai pusat kegiatan  dan aktifitas keagamaan  khususnya bagi masyarakat di wilayah bandung utara .



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.