Kompas TV religi beranda islami

Berani? Hidup Sederhana dan Bersedekah?

Kompas.tv - 2 Juni 2020, 09:00 WIB
Penulis : Herwanto

Manusia yang hidup sederhana akan mementingkan makanan yang sehat dan bergizi. Dengan demikian manusia pun tidak lagi makan yang berlebihan. Manusia juga terhindar dari makanan yang berlebihan dalam kandungannya. Sehingga gizinya pun cukup dan badannya pun sehat. Manusia pun terhindar dari kekenyangan, tidak mengantuk, dan kegiatan hariannya dilakukan dengan maksimal.

Dalam hal berkegiatan pun manusia yang memilih hidup sederhana akan dapat mengontrol badannya dan menjaga stamina badannya. Ia tidak akan menunda pekerjaannya.
Tidur pun cukup, ia tidak akan duduk terlalu banyak, tidak pula bergerak terlalu banyak pula. Hidupnya akan seimbang antara bekerja dan berolah raga. Badan menjadi terjaga, dan hari-harinya pun dijalani dengan bahagia.

Tak hanya sehat secara jasmani, manusia yang hidup sederhana akan semakin sehat secara rohani. karena dia tidak pernah merasa kekurangan, dan selalu bersyukur akan apa yang dimilikinya.

Dari Umar bin Syuaib dari ayahnya, dari kakeknya ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Makanlah dan minumlah, berpakaian dan bersedekahlah tanpa berlebihan dan tidak sombong." (HR Ahmad)

Manusia yang hidup sederhana tidak akan bersedekah dan menolong orang untuk tujuan riya’ atau untuk berpamer ria. Mereka menolong orang dengan ikhlas, bersedekah sesuai kemampuan mereka dan tidak ada pamrih. Setiap amalan solehnya semata mengharapkan pahal dan rido Allah SWT.

Manusia yang sederhana juga lebih khusuk dalam melaksanakan beribadah karena ia tidak mengharapkan ibadahnya dipertontonkan atau dipuji. Manusia yang sederhana beribadah karena ia paham benar akan kebesaran Allah SWT, ia paham ia hanyalah butiran kecil dari seluruh ciptaannya, sehingga ibadah yang dilakukan  lebih fokus. Hatinya menjadi tenteram dan sejuk, karena seluruh dirinya tidak diliputi pikiran lain selain menyembah pada Allah SWT.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x