HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV entertainment lifestyle

Beda dengan Belly Dance, Ini Dia Bollywood Dance Khas India!

Minggu, 31 Mei 2020 | 13:33 WIB

KOMPAS.TV - Musik dan tarian selalu melekat dalam film India atau Bollywood.

Kreator dan founder Bolly'D Indonesia, Irma Dewi Habner, mengombinasikan tari tradisional India, seperti bhangra, kathak, bharanathyam, dengan gerakan senam.

Genre senam itu dinamai Irma dengan sebutan Bollywood Dance alias Bolly'D, yang kemudian berkembang menjadi sebuah komunitas.

Irma menjelaskan, instrumen musik yang di gunakan dalam Bollywood Dance atau Bolly'D juga menggunakan musik-musik asal negeri Mahatma Gandhi itu.

Musik India yang dipilih tak sembarangan, harus yang up beat agar dapat memberikan atmosfer ceria dan penuh semangat ketika bergoyang.

Gerakan yang digunakan pun harus tetap memiliki satu kepaduan dengan makna dari lagu yang dipilih.

"Ada beberapa gerakan yang memang saya improve sendiri, tapi tidak lepas dari arti atau makna dari lagu yang dibawakan.

Ada juga gerakan yang memang kita ambil dari beberapa gerakan tarian-tarian klasik India, yang sudah kami modifikasi," kata Irma beberapa waktu lalu.

Koreografi senam yang memadupadankan musik India dengan gerakan senam atau fitnes sudah dicetuskan Irma sejak 2012 saat menjadi instruktur di salah satu sanggar di Jakarta.

Pada tahun 2013 saat menjadi instruktur di pusat kebugaran di Jakarta, BEST Fitness, Irma mulai mengenalkan Bollywood Dance atau Bolly'D.

Editor : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
19:47
KUASAI BERAGAM TEKNIK “PUBLIC SPEAKING” BERSAMA RIKO ANGGARA. DAFTAR WEBINAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MEMINTA POLRI USUT DUGAAN SURAT JALAN DJOKO TJANDRA SECARA TERBUKA   BRIGJEN PRASETYO UTOMO DINILAI TELAH MENGELUARKAN SURAT JALAN UNTUK BURONAN KASUS BANK BALI DJOKO TJANDRA   KAPOLRI COPOT BRIGJEN PRASETYO UTOMO DARI JABATANNYA SEBAGAI KABIRO KOORDINASI & PENGAWASAN PPNS BARESKRIM POLRI   MENTERI EDHY PRABOWO: KAPAL IKAN ASING ILEGAL YANG TAK DITENGGELAMKAN DIHIBAHKAN KE KAMPUS PERIKANAN   POLISI TELAH PERIKSA 27 SAKSI TERKAIT KEMATIAN EDITOR METRO TV YODI PRABOWO    POLDA METRO JAYA TAMBAHKAN TIM BUSER USUT KASUS KEMATIAN EDITOR METRO TV YODI PRABOWO    BP2MI AKAN LAPOR KE BARESKRIM SOAL TEMUAN DUGAAN PENAMPUNGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA ILEGAL DI CILEUNGSI, BOGOR   BUPATI PONOROGO SEBUT "TRACING" KORONA DI DAERAHNYA TERHAMBAT KARENA ANTREAN UJI PCR MEMBELUDAK    PEMKAB PONOROGO, JATIM, TUNGGU HASIL 500 UJI PCR YANG BELUM KELUAR HASILNYA SEJAK PEKAN LALU   KOTA SAMARINDA BERLAKUKAN MARKAH JALAN "PHYSICAL DISTANCING" BAGI PENGENDARA SEPEDA MOTOR    PASAR PRAMUKA DI JAKTIM KEMBALI BEROPERASI SETELAH DITUTUP PADA 11-13 JULI 2020 KARENA KASUS POSITIF KORONA    DISHUB DKI JAKARTA: PEMERIKSAAN SURAT IZIN KELUAR MASUK ATAU SIKM SUDAH DITIADAKAN SEJAK KEMARIN    JUBIR PEMERINTAH ACHMAD YURIANTO: JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 47.859 ORANG