Kompas TV nasional berita kompas tv

Rencananya Bulan Depan Rumah Ibadah di Tangsel Dibuka Bertahap

Kompas.tv - 30 Mei 2020, 21:48 WIB
rencananya-bulan-depan-rumah-ibadah-di-tangsel-dibuka-bertahap
Kota Bekasi menjajaki hidup normal baru atau new normal dengan mengizinkan warganya kembali menggelar shalat Jumat di masjid di 50 kelurahan zona hijau atau bebas Covid-19 pada Jumat (29/5/2020). Shalat Jumat digelar dengan protokol ketat pencegahan Covid-19 dan hanya diikuti terbatas oleh warga yang bermukim di sekitar masjid. (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Johannes Mangihot

TANGERANG SELATAN, KOMPASTV – Pemerintah kota Tengerang Selatan (Tangsel) akan membuka rumah ibadah sebagai langkah pelaksanaan New Normal di tengah wabah virus corona.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tangsel, Abdul Rojak mejelaskan, pembukaan rumah ibadah di Tangsel akan mengikuti Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 15 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid di Masa Pandemi.

Nantinya Forkopimda di Tangsel akan memberikan rekomendasi sejumlah rumah ibadah yang bisa dibuka kembali. Rekomendasi tersebut tentunya berdasarkan ketentuan dalam SE Kemenag 15/2020.

Baca Juga: Kabar Baik Rumah Ibadah Sudah Bisa Dibuka, Ini Ketentuannya

Rencananya pembukaan rumah ibadah ini beriringan dengan pelaksanaan new normal yang diwacanakan pemerintah pada awal Juni 2020.

"Sesuai arahan dan kebijakan dari Kementerian Agama di new normal kan dibuka. Khusus Tangsel semalam, kita sudah rapat dengan semua Forkopimda untuk rumah ibadah memang akan dibuka," ujar Abdul. Dikutip dari Kompas.com, Sabtu (30/5/2020)

Abdul Rojak menambahkan, pembukan rumah ibadah di Tangsel tidak dilakukan secara serentak, melainkan secara bertahap dengan melihat angka penyebaran Covid-19 di masing-masing kecamatan wilayah Tangerang Selatan.

Karena itu, setiap ketua RT hingga tingkat Camat dapat melaporkan angka jumlah kasus Covid-19 terkini.

Baca Juga: Gereja di Bekasi Siapkan Penerapan New Normal!

Menurutnya, jika angka tidak ada penambahan atau dianggap aman, penyebaran sudah nol dan sudah dinyatakan zona hijau rumah ibadah dipersilahkan untuk dibuka.

Dalam catatannya akan ada 50 persen dari sekitar lebih dari 500 jumlah masjid yang akan segera dibuka di Tangerang Selatan.

"Sebelum mulai (kegiatan keagamaan) dia berkoordinasi dulu dengan camat dan lurah. Nanti menyesuaikan data Covid-19," ujar Abdul Rojak.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.