Kompas TV entertainment lifestyle

4 Cara yang Bisa Anda Lakukan Ketika Susah Tidur

Kompas.tv - 30 Mei 2020, 21:37 WIB
4-cara-yang-bisa-anda-lakukan-ketika-susah-tidur
Ilustrasi saat tidur (Sumber: kompas.com)
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Sulit tidur di malam hari bisa disebabkan adanya penyakit tertentu dalam tubuh kita. Jika sulit tidur disebabkan karena masalah kesehatan, sebaiknya kita segera berkonsultasi dengan dokter.

Tapi jika Anda tak menemukan penyakit dalam diri lantas sulit tidur atau baru bisa tidur ketika fajar menjelang apa yang harus dilakukan? 

Pakar kesehatan Nancy Foldvary-Scaefer menyarankan kita untuk melakukan berbagai cara agar bisa tidur nyenyak di malam hari.

Banyak hal yang membuat kita susah tidur Selain pengaruh eksternal, ada banyak hal dalam diri kita yang turut berdampak negatif pada kualitas tidur.

"Beberapa orang mengalami insomnia kronis yang membuat mereka susah tertidur. Bahkan, ada orang yang terbangun di malam hari dan tak bisa kembali tidur," ucap Foldvary-Schaefer seperti mengutip Clavelandclinic.

"Selain itu, kurang tidur dapat memengaruhi kemampuan mengambil keputusan dan respons emosional terhadap aktivitas normal sehari-hari," ucapnya.

Pengaruh stres dinilai menjadi faktor utama seseorang membawa tekanan dalam hidupnya hingga saat ia ke tempat tidur sulit untuk memejamkan mata.

"Sebisa mungkin lupakan semua permasalahan yang terjadi agar kita bisa tidur," kata Foldvary-Schaefer.

Ada 4 cara yang bvisa dilakukan. Pertama adalah buat perencanaan untuk esok hari, kedua Jika tidak bisa tertidur dalam waktu 20 menit, bangkitlah dari tempat tidur dan berpindahlah ke ruangan lain. Cara ini akan membuat otak fokus pada koordinasi motorik daripada pikiran-pikiran yang menganggu tersebut.

Ketiga, hindari stimulasi berlebihan seperti makan, atau main ponsel. Keempat cobalah berlatih yoga atau meditasi.

Selamat mencoba!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.