Kompas TV TALKSHOW rosi

Ini Kata Kunci yang Seharusnya Dikatakan Presiden Soal Larangan Mudik - ROSI

Kompas.tv - 30 Mei 2020, 21:39 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Pernyataan Presiden Jokowi soal larangan mudik sempat memunculkan polemik. Jokowi mengatakan yang dilarang itu mudiknya, bukan transportasinya. Karena transportasi digunakan untuk keperluan logistik, untuk urusan pemerintahan, kesehatan, kepulangan pekerja migran, dan urusan ekonomi esensial, tetap masih bisa berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Guru Besar Ilmu Komunikasi UI, Prof. Ibnu Hamad menjelaskan bahwa ada satu kata kunci yang seharusnya diikut sertakan dalam pesan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, soal larangan mudik. Kata tersebut ialah ‘kecuali’. Ia mencontohkan, saat menyampaikan pesannya, Presiden bisa berkata seperti, ‘mudik tidak diperbolehkan kecuali sesuai peraturan PSBB transportasi untuk logistik tetap berjalan normal’. Melihat hal ini, Prof. Ibnu Hamad ingin menekankan pejabat pemerintahan harus memiliki keterampilan dalam komunikasi. Sebab perlu diperhitungkan dampak yang akan timbul di masyarakat nantinya.

Menanggapi pernyatan Prof. Ibnu Hamad, Ade Armando mengatakan kalau saja hidup ini normal-normal saja, sebetulnya dengan kata kecuali masalah bisa selesai. Namun terjainya krisis di Indonesia sekarang, sudah bukan lagi sekedar miskomunikasi, melainkan ada pihak-pihak yang mempolitisasi situasi pandemi ini.

Selengkapnya, hanya di dialog Rosianna Silalahi bersama Andi Mallarangeng (Juru Bicara Presiden Periode 2004 – 2009), M. Qodari (Direktur Eksekutif Indo Barometer), Ade Armando (Dosen Ilmu Komunikasi UI), Prof. Ibnu Hamad (Guru Besar Ilmu Komunikasi UI), dan Endy Bayuni (Wartawan Senior The Jakarta Post) dalam Talkshow ROSI episode Komunikasi Jokowi di Masa Pandemi. Tayang 28 Mei 2020 WIB di Kompas TV Independen Tepercaya.

Jangan lewatkan dialog seru lainnya di program ROSI setiap hari Kamis pukul 20.00 WIB hanya di @kompastv. Independen Tepercaya.

Dan follow akun Instagram talkshow ROSI @rosi_kompastv juga Twitter di @Rosi_KompasTV.

#RosiKompasTV #TalkshowRosi #Rosi #KompasTV #Talkshow



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x